Dedi Mulyadi Didukung Dalang Kondang

jabarekspres.com, BALEENDAH – Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi terus mendapatkan dukungan dari para tokoh dan seniman, kali ini Dedi mendapatkan dukungan dari Budayawan Jawa Barat, Dadan Sunandar Sunarya (anak tertua Alm Asep Sunandar Sunarya).

Budayawan, Dadang Sunandar Sunarya, merupakan dalang kondang diwilayah Jawa Barat, bahkan untuk mewakili Jawa Barat, Dadang sering berkeliling ke Mancanegara.

Menurut Dadang, pihaknya telah mengenal Dedi Mulayadi sejak 15 tahun lalu, sejak menjabat menjadi wakil Bupati Purwakarta, hingga Bupati Purwakarta yang telah menjabat selama dua priode.

“Dedi Mulyadi merupakan sosok yang mencintai kebudayaan Sunda, bahkan dirinya pun sering di panggil oleh bupati Purwakarta untuk mengisi acara-cara yang berkaitan dengan kesenian,” kata Dadang saat wawancara di Padepokan Giri Harja, kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (29/5).

Selain itu, lanjut Dadan, Dedi Mulyadi sering melakukan pendekatan terhadap masyarakat melalui buday. Karena saya yakin martabat bangsa itu bisa diukur oleh budayanya, kalau budaya nya hancur, maka bangsanya juga akan hancur, saya kira pak Dedi itu lebih mencintai budayanya.

“Menurut saya pemimpin manapun yang sesuai dengan budayanya sendiri itu akan cocok dengan memimpin jawa barat, karena pemimpin Jabar harus bersenyawa dengan udara, air, tanah, panas, kalau orang sunda bilang pemimpin yang mempunyai papat kalima pancer, kalau sudah seperti itu psti kan cocok memimpin jawa barat, sehingg akan memimpin jawa barat menjadi provinsi yang lebih maju lagi, kalau konsen terhadap udayanya sendiri,” ucapnya.

Dia pun menegaskan, siapapun yang lebih mencinti budayanya, maka seluruh kelurga Giri harja akan mendukung sepenuhnya, siapapun calom pemimpinnya. “Semua pemimpin mencintai budayanya, tapi saya bisa mengatakan bahwa Dedi mulyadi ada nilai plus untuk mencinti kebudayaan, karena hal ini bisa di buktikan karena orang-orang ngomong bhwa Dedi mulyadi sering menggelar safari budaya,” tegasnya.

Sementara, lanjut Dadang, apabila kesenian dan budya maju otomtis praktisinya pun akan sejahtera, karena sejahtera nya para praktisi seniman itu pun keutuhnnya akan tercukupi.

“Apabila mereka itu ada job dan kegiatan dengan kesenian, karena bisa dipanggil oleh pemerintah dan masyarakat sekitar apabila ada pentas seni,” imbuhnya. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan