Cimahi Kembangkan Teknologi e-Book

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Dinas Komunikasi, Informasi, Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi tengah menyiapkan sistem pinjam buku berbasis internet yang dinamakan Elektronik Book (e-Book).

Menurut Sekretaris Diskominfoarpus Kota Cimahi, Muhammad Ronny, sistem pinjam berbasis online akan lebih bagus dibandingkan dengan pinjam buku secara manual. Karena kata dia, peminjamnya bisa diketahui apakah dibaca atau tidak buku tersebut.  ”Kita bisa baca buku itu melalui android, melalui internet di komputer,” terang Ronny, kemarin.

Dalam sistem pinjam buku online itu, sekitar 3 ribu eksemplar buku dengan maksimal tiga eksemplar dengan judul yang sama. Melalui sistem pinjam buku e-Book, siapapun yang akan meminjam buku dan dibaca atau tidak buku tersebut akan diketahui. “Dengan system ini akan  ketahuan berapa persen buku itu dibaca,” kata Ronny.

Dijelaskannya, Sistem pinjam buku online dirancang setelah melihat kondisi Perpustakaan Kota Cimahi yang terlihat sudah penuh dengan buku. Berdasarkan data, stok buku di Persputakaan sudah mencapai 19.393 eksemplar buku. ”Penuhnya ruangan perpusatakaan kita menjadi alasan penerapan elektronik book.” Jelasnya.

Disinggung permasalahan anggaran, kata dia aplikasi e-book tidak akan memakan dana yang cukup besar. Pihaknya sudah menganggarkan dana sekitar Rp 200 juta.

Dia menyebutkan, setiap hari ada  sekitar 100 orang yang berkunjung ke perpustakaan. Jumlah pengunjung bergantung momen, misalnya sehabis ujian sekolah  yang datang ke perpustakaan Kota Cimahi lebih ramai. Sedangkan Bangunan Perpustakaan Umum Kota Cimahi terdiri atas dua lantai. Lantai pertama didigunakan untuk tempat bermain anak, penjaga perpustakaan, komputer, dan sedikit bagian untuk penyimpanan buku. Di lantai kedua disimpan rak-rak buku dengan beberapa tingkatan. (bun/ign)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan