Cegah Penularan HIV

jabarekspres.com, BANDUNG – Kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai bahaya virus HIV dan Infeksi Menular Seksual (IMS) lainnya membuat Sutra mengusung Ubah Hidup Lo (#UbahHidupLo) sebagai kampanye sosial di tahun 2017.

Seperti diketahui, penyebaran HIV serta IMS lainnya di Indonesia semakin meningkat pada masyarakat umum, tidak terkecuali pada kalangan ibu rumah tangga. Salah satu hal yang memicu fenomena tersebut adalah rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku hidup sehat, serta minimnya akses untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bahaya penyebaran sekaligus pencegahan virus HIV dan IMS di Indonesia.

”Kalau biasanya kita mengenal istilah ABC (Abstinence, Be Faithful, Use a Condom). Kali ini, kami mengemas langkah pencegahan tersebut dengan pendekatan yang berbeda agar lebih mudah dimengerti dan dengan menggunakan slogan yang sudah dikenal di masyarakat yaitu TTM. Tahan Diri dengan tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Selanjutnya, Tetap Setia dengan pasangan Anda dan yang terakhir, Main Aman atau selalu menggunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksual berisiko,” ungkap Daniel Tirta, Brand Manager Kondom Sutra.

Lebih lanjut Daniel menjelaskan kampanye #UbahHidupLo bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. #UbahHidupLo pertama kali diluncurkan pada Januari lalu di media digital melalui sebuah video infografik, dan berhasil menempati trending topic twitter nomor 1 di Indonesia. Selain itu, saat ini kami juga melakukan kegiatan sosialisasi #UbahHidupLo di beberapa daerah di Indonesia dengan bekerja-sama bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan aparat setempat. Diharapkan, semua unsur yang terlibat dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk memutus mata rantai penularan virus HIV dan IMS.

”Sesuai dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG 2030), Kementerian Kesehatan RI telah menargetkan untuk menurunkan angka infeksi baru HIV pada tahun 2030, menurunkan angka kematian terkait HIV, serta menghapus stigma terkait dengan HIV-AIDS di Indonesia. Untuk itu, Sutra perlu untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan tujuan global tersebut melalui kampanye #UbahHidupLo ini,” ungkap Daniel.

Kegiatan sosialisasi #UbahHidupLo rencananya akan dilakukan di berbagai daerah di Indonesia di sepanjang tahun 2017. Pada bulan Maret hingga April 2017 ini, Sutra telah menyasar populasi berisiko yang berada di pelabuhan pulau Jawa di antaranya Tanjung Priok, Sunda Kelapa, Tanjung Mas, Tanjung Perak, Cirebon, serta Pelabuhan Merak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan