Carlton Cole Merapat ke Persib

Umuh: Tunggu Tanggal Mainnya

1
Carlton Cole dipercaya segera bergabung dengan Michael Essien di Persib.

jabarekspres.com – Setelah sempat santer dikaitkan dengan Marouane Chamakh, Bosko Jan­kovic, hingga Peter Odem­wingie, Persib kini dikabarkan tengah mendekati mantan penyerang Timnas Inggris, Carlton Cole.

Pengoleksi tujuh caps ber­sama The Three Lions -julukan Timnas Inggris-ini dikabarkan sedang menjalin komunikasi dengan pihak Maung Bandung. Manajer Persib Umuh Muchtar mengatakan, peluang keda­tangan pemain yang bernaung di bawah agen sama dengan Essien, Matheo, ini bukan bualan.

Namun dia be­lum mau sesumbar mengenai kemungkinan striker yang mengawal karir­nya bersama Chelsea itu ber­gabung dengan timnya. Umuh meminta semua pihak, khu­susnya Bobotoh untuk menunggu soal kepastian siapa penyerang asing yang akan didaratkan.

”Ya tunggu nanti tanggal 2 bakal ketahuan ada siapa. Mudah-mudahan saja (Carl­ton Cole datang, Red). Tak­utnya malah enggak jadi kan masalah,” jelas Umuh.

Tak sedikit pula media yang ramai memberitakan peluang Cole gabung ke Persib, terma­suk dari luar negeri. Sebut saja Ghana Soccernet, yang menulis judul berita: ”Ex-Eng­land forward Carlton Cole set to join Michael Essien at Persib Bandung”. Kebetulan pula, Cole memang memiliki darah Ghana, seperti Essien.

Cole bukan pesepak bola ”kacangan” di Premier League. Penyerang berusia 33 tahun ini pernah berpetualang di beberapa klub Inggris se­perti Chelsea, Wolverhampton Wanderers, Aston Villa, Charl­ton Athletic, dan sempat men­gilap bersama West Ham United yang dibela sejak 2006 hingga 2015.

Dia pun pernah mencicipi tujuh penampilan bersama Timnas Inggris sejak mela­koni debut pada 11 Februari 2009 pada laga persahabatan melawan Spanyol. Setelah dilepas klub Amerika Serikat, Sacramento FC pada Oktober 2016, Cole berstatus free agent.

Namun, market value Cole berdasarkan Transfermarkt, ternyata masih cukup tinggi, yakni 1,25 juta euro atau se­kitar Rp 18 miliar! Bandingkan dengan Essien, yang berda­sarkan market value sebesar 800 ribu euro, Persib merogoh kocek Rp 11 miliar.

Sementara itu, Pelatih Ke­pala Persib Djadjang Nurd­jaman mengatakan pemain kelahiran Inggris, 33 tahun itu masih dalam proses ne­gosiasi.

”Iya dia (Cole) masih di Ja­karta. Ya belum pasti nggak gabung, tahu deal atau nggak karena dia masih negosiasi,” ujar Djadjang di wisma Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, kemarin.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu mengatakan Cole merupakan striker yang se­lama ini diincar Maung Bandung. ”Iya dia yang saya inginkan,” katanya.

Persib memang tengah gen­car mencari sosok pemain asing yang berposisi sebagai ujung tombak. Djanur paham betul tidak memiliki target men di lini depan pasca Ser­gio van Dijk cedera memang sungguh dirasakan Persib.

Kesulitan dalam membobol gawang lawan kian akrab dialami Persib. Teranyar, skuad Maung Bandung terpaksa harus ditahan imbang PSMS Medan dalam laga uji coba di stadion Teladan, Kota Medan, Minggu (26/3).

Asal tahu saja, pemain bernama lengkap Carlton Michael George Cole Okirie merupakan striker yang sempat memper­kuat beberapa klub di daratan Eropa. Mengawali karir senior bersama skuad Chelsea FC pada 2001, akhirnya Cole memilih hengkang ke klub asal London lainnya, West Ham pada 2006 hingga 2013.

Sempat berstatus bebas transfer, Cole akhirnya memutuskan untuk berseragam Glasgow Celtic pada 2015 lalu. Tak lama memperkuat Celtic, akhirnya Cole bergabung dengan skuad Sacramento FC pada 2016. (ira/JPG/rie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here