Cara Desa Lembang Maksimalkan Pelayanan Warga

jabarekspres.com, BANDUNG BARAT-Pemerintahan Desa Lembang Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat terus berupaya memberikan pelayanan prima terh­adap masyarakat. Ter­masuk di luar jam kerja pada umumnya.

Kepala Desa Yono Maryono beserta Ketua Tim Penggerak PKK Desa Lembang

Untuk mengantisipasi kesibukan warganya, Desa Lembang pun membuka pelayanan pada malam hari.

“Karena hari Sabtu libur, maka kami maksimalkan pelayanan pada hari Jumat malam,” kata Kepala Desa Lem­bang, Yono Maryono SIP.

Untuk memberikan pelayan dengan moto ‘Gagah’ (Gancang, Gampang, Hampang), Yono mengatakan, Pemdes Lembang terus meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Salah satu tujuannya agar dapat memberikan pelayanan prima yang meny­enangkan terhadap masyrakat.

“Salah satunya adanya kesiapan dalam kedisiplinnan kerja dan harus melayanai masyarakat secara prima,” jelasnya.

Selain itu, salah satu inovasi pe­layanan prima, Pemerintahan Desa Lembang bekerjasama dengan BPJS mengadakan pelayanan langsung di kantor Desa Lembang.

Menurutnya, ada petugas khusus set­iap hari Selasa dan Kamis yang khusus melayani BPJS di kantor desa.

“Alhamdulilah banyak masyar­kat datang di sini (di kantor desa, red) sehingga bisa di­layani dengan baik,” paparnya.

Bahkan, untuk melayani masyarkat yang tidak bisa datang ke kantor, Pemdes Lembang men­goptimalkan pelayanan di wilayah dengan meli­batkan kepala dusun.

Lebih lanjut Yono me­nambahkan, dengan moto Gagah terse­but, Pemdes Lembang akan memberikan pelatihan bagian pelayanan dengan standar perbankan guna memberikan pelayanan prima.

“Untuk memberikan pelayanan prima, kami juga akan berikan pelatihan khusus yang berstandar pelayanan di perbankan,” bebernya.

Posyandu Mutiara RW 05 yang tahun ini masuk 3 besar tingkat provinsi.

Untuk keberhasilan pelayanan terh­adap masyarkat, pemerintah desa juga terus menguatkan koordinasi dengan berbagai bagian.

“Kami juga kuatkan sistem koordinasi antar bagian, sehingga meminimalisir mis komunikasi,” jelasnya.

Yono menambahkan, dirinya juga terus menguatkan koordinasi dengan TNI, Polri, unsur aparatur pemerintahan desa, tokoh agama hingga tokoh masyarakat dalam memberikan pelayanan yang baik dan nyaman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan