Bus Pariwisata Terbalik di Jalur Wisata

NGAMPRAH – Jalur wisata tepatnya di Jalan Kolonel Masturi Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kemacetan panjang setelah Bus Pariwisata bernopol F 7503 WE terbalik pada Rabu (27/12) sekitar pukul 10.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bus yang mengangkut rombongan pelajar asal Tangerang ini terguling setelah berusaha menghindari pemotor dari arah berlawanan yang tiba-tiba melakukan pengereman mendadak.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tapi imbas kecelakaan itu kemcetan cukup panjang. Bahkan arus lalu lintas sempat ditutup dan dialihkan baik yang dari arah Lembang ke Cisarua ataupun sebaliknya menuju Jalan Maroko.

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Suharto menjelaskan, bus terbalik lantaran ada pengendara motor menyeberang mendadak. Sementara, sopir bus tidak mampu menahan bus walaupun sudah menggunakan rem tangan.

“Setelah kami minta keterangan, saat itu sopir langsung mengerem mendadak dibantu dengan rem tangan, tetapi tidak kuat karena kondisi jalan menanjak. Akhirnya bus mundur sekitar 10 meter lalu menabrak gundukan tanah dan akhirnya terguling. Bus tersebut perjalanan dari arah Lembang menuju Parongpong dan Cisarua,” katanya.

Diketahui, bus pariwisata itu mengangkut penumpang sebanyak 25 orang dari Tangerang yang sedang liburan dari Yogyakarta terus rencananya ke kawasan Kampung Gajah Kecamatan Lembang.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, hanya lima orang mengalami luka ringan, termasuk sopir bus yang bernama Egi Saputra. Semua korban luka langsung dibawa ke posko kesehatan terdekat,” katanya.

Untuk menghindari kemacetan, polisi merekayasa jalur lalu lintas dari Lembang ke Cisarua. Untuk mini bus yang dari arah Cisarua ataupun dari arah Ledeng ke Lembang bisa melalui jalur alternatif melalui pertigaan Jalan Pojok-Jalan Kahuripan-Manoko-Jalan Pasir Leutik dan keluar dari jalan di samping RM Mandarin.

“Kami sudah mengatur jalur alternatif bagi kendaraan yang akan menuju Lembang atau sebaliknya,” tandasnya. (drx/yan)

Tinggalkan Balasan