Bupati Sowan ke Para Mantan

0
bupati
ZIARAH KUBUR: Bupati Bandung Dadang Naser (dua dari kiri) memanjatkan do’a bersama saat berziarah ke makam para mantan Bupati Bandung, yang telah wafat. Usai melakukan ziarah kubur, bupati dan wakilnya serta rombongan melaksanakan silaturahim kepada para mantan Bupati Bandung yang masih hidup

jabarekspres.com, MAJALAYA –  Bupati Bandung H. Dadang M Naser beserta pejabat lainnya melakukan kunjungan ke mantan Bupati Bandung. Mereka yang dikunjungi kediaman R.H. Lily Sumantri, Sani Lupias Abdurachman, dan H. Obar Sobarna.

Dalam kunjungan tersebut, bupati yang kerap dipanggil Kang DN itu, secara langsung memberikan undangan peringatan hari jadi Kabupaten Bandung ke 376, yang jatuh pada 20 April mendatang, kepada para mantan bupati tersebut.

Selain itu, dia pun menampung amanat atau pesan dari para seniornya. Sambil menyampaikan progres kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinannya. Dia juga meminta doa restu para mantan pemimpin yang rata- rata sudah berusia 80-an itu untuk kejayaan Kabupaten Bandung di masa mendatang.  Hal itu dia sampaikan disela-sela “sowan” di rumah Mantan Bupati H.Obar Sobarna di Jl. Rajamantri, Majalaya, Selasa (11/4).

”Di periode kedua ini, beberapa pembangunan secara sabilulungan sudah terlaksana. Untuk kemajuan selanjutnya, mohon doa restunya kepada para mantan bupati, untuk selalu mendukung. Supaya harapan kita bersama untuk Kabupaten Bandung lebih baik bisa terwujud,” kata Dadang usai kegiatan.

Selain menyerahkan undangan kunjungan tersebut untuk menyambung tali silaturahmi, dan membangun persaudaraan. Dia berharap agar kehadiran para mantan itu dapat bermanfaat, sehingga bisa memberikan bimbingan kepada para pejabat yang saat ini diberi amanah untuk menjalankan roda pemerintahan.

Menyikapi kunjungan tersebut, para mantan bupati rata-rata mengucapkan terima kasih dan merasa bahagia atas kedatangan orang nomor Satu dan Dua di Kabupaten Bandung yang dibarengi para pejabat. Kunjungan tersebut merupakan suatu kehormatan yang besar dan mudah-mudahan silaturahmi yang baik itu supaya dilestarikan oleh para pejabat yang akan datang.

Pada kesempatan tersebut, suasana keakraban tercipta manakala rombongan berada di kediaman mantan Bupati H. Obar Sobarna. Kehangatan kunjungan ini makin kental saat sang mantan bupati ke 15 itu bercengkrama dengan humor-humor segarnya. Sebagai tuan rumah menyambut rombongan, Obar Sobarna berpesan pada pejabat Kabupaten Bandung  bahwa tantangan di masa depan lebih berat, untuk itu para pejabat harus kompak dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

Sebelum melaksanakan sowan, Dadang bersama para pejabat lainyapun melakukan ziarah ke makam para pahlawan. Ziarah dilakukan Bupati beserta unsur muspida lainnya pada senin (10/4), masing-masing ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, TM Dalem Kaum, TM Karang Anyar dan TM Dayeuhkolot.

Selain melakukan tabur bunga, Dadang, beserta rombongan sempat mengadakan doa bersama di atas pusara para mantan Bupati Bandung.  ”Kita panjatkan doa, agar arwah para mantan Bupati Bandung diterima di sisi Allah SWT sesuai dengan amal ibadahnya,” ucapnya.

Lebih lanjut lagi Dadang menjelaskan, kegiatan berziarah ke makam para mantan bupati Bandung dan silaturahim ke para mantan Bupati Bandung merupakan sebuah bentuk penghormatan Pemerintahan Kabupaten Bandung. Menurutnya, selaku aparat pemerintah tidak boleh melupakan jasa para pendahulunya.

Di atas pusara makam para mantan bupati Bandung, Dadang memanjatkan doa agar almarhum diterima di sisi Allah SWT. ”Mari kita panjatkan doa, agar arwah para mantan Bupati Bandung diterima di sisi Allah SWT sesuai amal ibadahnya,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, ziarah yang diikuti Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Bandung, langsung dipimpin oleh Bupati Bandung H Dadang M Naser. Rangkaian ziarah berawal dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, TM Dalem Kaum, TM Karang Anyar dan TM Dayeuhkolot. (yul/ign)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here