Bupati Minta Persiapan Adipura Dioptimalkan

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat Abubakar meminta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mempersiapkan semaksimal mungkin menghadapi penilaian Adipura. ”Melihat kondisi eksisting, persiapan dalam menghadapi penilaian Adipura sudah siap. Walaupun ada yang harus dibenahi. Saya minta persiapannya dioptimalkan,” ujar Abubakar kepada wartawan di Ngamprah kemarin (6/2).

Abubakar menambahkan, segala kekurangan harus dibenahi dan diperbaiki. Sehingga penilaian bisa sesuai dengan harapan. Penilaian Adipura sudah menjadi impian Kabupaten Bandung Barat yang baru berdiri sembilan tahun ini. ”Tentunya harapan bersama dari pemerintah begitu juga masyarakat harus bersama-sama untuk mewujudkan Adipura ini,” ungkapnya.

Abubakar tetap yakin dan mengajak seluruh stakeholder terkait untuk membulatkan tekad bahwa Kabupaten Bandung Barat mampu dan layak mendapatkan Adipura dengan keseriusan bersama dalam mengelola lingkungan. ”Lakukan konsolidasi internal dan eksternal secepatnya. Terapkan seluruh kriteria dan indikator penilaiannya di lingkungan terdekat, dimulai dari penertiban dan penataan lingkungan di sekitar komplek pusat perkantoran kabupaten sebagai miniatur kelayakan identifikasi penilaiannya,” himbau Abubakar.

Untuk memperkuat pencapaiannya, Abubakar menegaskan, saat ini, tengah disusun payung hukum yang jelas guna mendukung program ini. Setidaknya, waktu yang tersedia untuk mempersiapkan segala kekurangan cukup panjang, mengingat tahun 2016 terjadi moratorium penilaian Adipura. ”Yakinlah kita mampu. Jika, kota tetangga saja bisa, kenapa kita tidak,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Bandung Barat, Apung Hadiat Purwoko mengungkapkan, ada banyak hal yang harus dilengkapi untuk meraih penghargaan tertinggi dari Presiden RI tentang pengelolaan lingkungan ini. Seperti kelengkapan sarana tempat sampah terpilah, ketersediaan drainase yang tidak layak, kurangnya ruang terbuka hijau (RTH) hingga minimnya sebaran jenis tanaman yang berfungsi sebagai peneduh.

”Tapi, tujuan utama ikut serta kami dalam program Adipura ini semata-mata untuk lebih meningkatkan kinerja pemkab. Selain itu, untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menciptakan kota yang bersih dan teduh dengan wawasan lingkungan dan berkelanjutan,” ujarnya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan