Bupati Ajak Komsumsi Makan Ikan

otobandung.com, SOREANG – Bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 37 sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemari), Bupati Bandung Dadang M. Naser, mendorong masyarakat untuk membudayakan konsumsi ikan.

Menurutnya, dengan kondisi surplus pangan di Kabupaten Bandung sebetulnya untuk swasembada ketahanan pangan masyarakat sudah sangat berlimpah.

Sehingga, saat ini kondisinya mengalami surplus pangan. Namun, agar masyarakat tertarik dengan pangan lokal harus ada terobosan dan inovasi dalam pengelolaan dan manajemen pemasaran.

Untuk itu, dengan diadakan kegiatan lomba pangan diharapkan dapat menarik minat masyarakat terhadap konsumsi pangan lokal dan ikan.

“Ada lomba makan ikan, kreasi cipta menu, lomba menghias sayur dan buah, lomba Kelompok Wanita Tani (KWT) dan lainnya.”jelas Dadang ketika ditemuai kemarin (14/11)

Menurutnya dengan kreasi pangan olahan hasil KWT ini, hasilnya akan dimasukan ke stan bisnis di toko modern. Banhkan, pihaknya sedang merencanakan sinergitas untuk bekerjasama dengan supermarket modern untuk menampilkan dan menjual produk UKM dan UMKM dari Masyarakat.

Selain itu, untuk masyarakat gemar memakan ikan, pihaknya akan terus mendorong agar mengkomsumsi ikan harus menjadi budaya masyarakat. Sebab, ikan merupakan sumber protein dan vitamin yang sangat lengkap.

Dirinya menilai.  selama ini masyarakat di Kabupaten Bandung tingkat konsumsi protein hewaninya masih condong ke daging ayam dan sapi. Padahal ikanlah yang nilai protein hewaninya paling tinggi.

“Saya mengajak dan menghimbau agar masyarakat kabupaten bandung khususnya anak – anak untuk memulai gemar mengkonsumsi sayur, buah, umbi-umbian dan ikan karena dalam pangan tersebut terkandung berbagai jenis zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anak usia dini, sehingga menghasilkan SDM generasi yang berkualitas,” pungkas dia. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan