Buka Pelayanan Haji Satu Atap

jabarekspres.com, BALEENDAH – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung membuka Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap di Baleendah, yang diresmikan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, Kamis (26/10/17).

Dadang mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji harus mendapat pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan fasilitas, kemudahan dan kenyamanan melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan yang baik.

“Saya sangat mengapresiasi langkah yang diambil Kemenag, karena dengan sistem satu atap ini masyarakat bisa satu kali daftar, tidak perlu bolak balik mengurus pengadministrasian. di samping memudahkan juga menyamankan masyarakat karena keamanannya terjamin, uang pendaftaran langsung masuk rekening bank,” ucap Dadang ketika di temui kemarin (27/10)

Penyelenggaraan rukun Islam yang kelima ini kata dia. merupakan salah satu program prioritas pembangunan bidang agama dan diposisikan sebagai salah satu indikator kunci kinerja Kemenag.

“Peningkatan penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun tidak terlalu terlihat, sehingga masih perlu dilakukan upaya-upaya seperti halnya yang dilakukan Kemenag hari ini,” kata bupati.

Dalam pelayanan baru ini Kemenag bekerja sama dengan Bank CIMB Niaga Syariah, Bank Permata Syariah dan Bank Panin Dubai Syariah. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat yang ingin mendaftar melalui bank lain.

“Masyarakat diperbolehkan mendaftar lewat bank syariah manapun. Hanya untuk memudahkan Kemenag sudah bekerjasama dengan 3 bank ini, dan diharapkan uang pengembaliannya bisa langsung melalui Kemenag, satu lagi tolong mendaftar sendiri dan hindari calo dan oknum yang pastinya akan merugikan,” imbuhnya.

Begitu juga adanya pelayanan satu atap ini tidak akan mematikan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang sudah ada. “KBIH silakan untuk terus membimbing dan membina sejak awal, baik membina mental, maupun membina persyaratan administrasi yang dibutuhkan para calon jamaah haji,” pungkasnya.

Kepala Kantor Kemenag Kab Bandung Drs. H. Dah Saepuloh, M.MPd. menambahkan, masyarakat yang mendaftar haji ke Kemenag rata-rata mencapai 50 orang per hari.

“Animo masyarakat Kabupaten Bandung untuk menjalankan ibadah haji ini sangat tinggi. Ini menjadi indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat dari tahun ke tahun,” kata Dah Saepuloh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan