BPJS Kesehatan Berikan Bimbingan Bagi Prolanis

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk menjaga hidup sehat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Soreng menggelar Gebyar Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang diikuti ratusan peserta JKN-KIS dari Puskesmas se Kabupaten Bandung

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang, dr. Irmajanti Lande Batara kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan program gerakan masyarakat sehat yang dicanangkan pemerintah.

Menurutnya, Gerbyar Prolanis tahun 2017 mengusung tema “Sehatkan Gaya Hidup dan Hidupkan Gaya Sehat” yang didukung penuh oleh BPJS Kesehatan Cabang Soreang mengajak peserta JKN-KIS, khususnya penderita diabetes mellitus dan hipertensi yang berada di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), yakni puskesmas atau klinik.

“Ini diadakan untuk mengajak masyarakat melakukan pola hidup sehat yang tergabung dengan klub Prolanis,”jelas Irmajanti ketika ditemui disela-sela acara di Gedung Mohamad Toha kemarin (19/5)

Kegiatan sendiri. lanjut dia,  dihadiri 350 peserta dan 72 pembina club Prolanis di puskesmas dengan menghadirkan dokter ahli penyakit dalam, dr. Seno M. Kamil.

Selain itu, agar peserta semakin sadar,Untuk itu, kami kumpulkan untuk mempererat silaturahmi satu sama lain, kami juga memberikan pengetahuan kepada peserta Prolanis dalam mengelola pola makan sehat menjelang pola ibadah Ramadan

Dirinya mengatakan, jumlah peserta JKN-KIS yang telah bergabung dengan klub Prolanis telah mencapai 3000 peserta yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Kami harapkan kondisi mereka bisa stabil dan dapat ditangani oleh FKTP, di klub mereka bisa sharing dengan penderita lainnya,” kata Irmajanti.

Sementara Partisi kesehatan dr. Seno M Kamil mengatakan, bagi Prolanis menjaga pola makan agar seimbang itu sangat penting.Sebab kalau tidak akan berdampak pada penurunan kesehatan.

Menurutnya, pola ini sebetulnya bukan untuk Prolanius saja, Tetapi untuk semua orang

“Jadi konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna yang seimbang, dengan diatur porsinya sesuai dengan berat badan,” ucap dia

Selain itu, utnuk menjaga kesehatan tubuh, berolahraga merupakan hal yang tak boleh dilewatkan untuk melakukan gaya hidup sehat.

Apalagi, jelang bulan Suci Ramadhan, penderita prolanis harus menyegerakan berbuka dan tidak mempercepat waktu sahur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan