Bottas Rebut Pole Position Perdana di GP Bahrain

F1
Valtteri Bottas menjadi yang tercepat pada sesikualifikasi dan berhak merebut posisi start terdepan pada GP Bahrain.

jabarekspres.com – Pembalap Finlandia, Valtteri Bottas, sukses merebut pole position perdana sepanjang karier balapnya di ajang Formula 1. Dia menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi GP Bahrain, Sabtu (5/4).

Sesi kualifikasi semakin terasa sempurna bagi Mercedes karena grid terdepan berhasil mereka kuasai. Selain Bottas yang start di posisi terdepan, Lewis Hamilton juga akan memulai lomba dari posisi kedua, di depan gacoan Ferrari, Sebastian Vettel.

Pada awal sesi kualifikasi pertama (Q1), Max Verstappen dengan kompon ban supersoft sempat membawa mobil Red Bull ke posisi teratas. Namun setelahnya, Hamilton memimpin jalannya babak Q1 setelah unggul 0,090 detik lebih cepat dari Verstappen meski memakai kompon ban soft.

Pada akhir Q1, pembalap Force India, Sergio Perez, akhirnya harus tereliminasi bersama pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz Jr., akibat mobilnya mogok saat melakukan percobaan terakhir.

Memasuki Q2, mayoritas pembalap mulai langsung memakai kompon ban supersoft. Bottas mencetak patokan waktu 1 menit 29,555 detik, meski langsung dikalahkan oleh catatan waktu Hamilton, 1 menit 29,535 detik.

Duo Ferrari, Vettel dan Kimi Raikkonen, mengisi posisi ketiga dan keempat. Catatan waktu Vettel hanya terpaut 0,061 detik lebih lambat dari raihan Hamilton.

Pada Q3, dua mobil Mercedes kembali menduduki posisi pertama dan kedua. Hamilton unggul tipis, 0,052 detik di depan rekan setimnya. Vettel menjadi pembalap non-Mercedes tercepat di posisi ketiga dengan catatan waktu yang masih terpaut 0,455 detik lebih lambat dari raihan Hamilton.

Bottas akhirnya berhasil mengambil alih posisi pole dengan catatan waktu 1 menit 28,769 detik. “Butuh beberapa balapan untuk meraih pole position. Semoga ini menjadi yang pertama dari banyak pole position lainnya menyusul. Terima kasih kepada tim yang telah memberikan saya mobil hebat,” ucap Bottas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here