BOPI Ancam Lapor PT LIB

Essien dan Cole Belum Memiliki Kitas

AMRI RACHMAN DZULFIKRI/JABAR EKSPRES
COBA PERUNTUNGAN: Pemain Persib Bandung Carlton Cole melakukan tendangan first time sambil dibayang-bayangi lawannya dari Arema FC pada pertandingan pembuka Liga 1 Indonesia 2017 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (15/4). Persib Bandung harus puas berbagi poin satu dengan Arema FC.

jabarekspres.com, JAKARTA – Perhelatan kompetisi Liga-1 masih baru berusia dua hari. Meski begitu, sudah sejumlah pelanggaran berat telah terjadi dalam kompetisi kasta tertinggi tanah air itu. Parahnya lagi, beberapa pelanggaran yang terjadi tersebut, malah sengaja dilakukan oleh operator kompetisi, PT LIB (Liga Indonesia Baru).

Nah, salah satu pelanggaran yang dilakukan itu, adalah mereka tetap mengizinkan dua pemain bintang kelas dunia milik Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole saat menjamu Arema FC di pertandingan pembuka Liga – 1 di Gelora Bandung Lautan Api, 15 April lalu. Padahal, dua pemain tersebut sama-sama belum mengantongi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) di Indonesia.

“Bagi kami, operator sudah melakukan pelanggaran serius. Karena kami sejak awal sudah menegaskan kepada mereka untuk tidak memainkan pemain asing yang belum memiliki Kitas,” kata Heru Nugroho, Sekjen Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). “Mereka sudah melanggar kesepakatan yang sudah kami setujui bersama,” lanjutnya.

Memang, pada 12 April lalu, atau tiga hari sebelum kickoff Liga -1 digelar, BOPI mengeluarkan rekomendasi kepada PT LIB untuk menggelar profesional tanah air. Hanya saja, ada satu catatan yang diberikan oleh BOPI, yaitu larangan bermain bagi pemain asing yang belum mengantongi Kitas tersebut. Catatan itu pun sudah disetejui oleh PT LIB sendiri.

Chief Executive Oficer (CEO) PT LIB, Risha Adi Wijaya beralasan bahwa, mereka mengizinkan Essien dan Cole tetap bermain tersebut, karena sudah mendapat keringanan dari BOPI sendiri beberapa jam sebelum laga dimulai. “Sudah mendapat persetujuan dari BOPI,” kata pria yang tidak lain adalam mantan direktur keuangan Persib itu.

Namun, pernyataan Risha tersebut dibantah langsung oleh Heru. Pria asal Malang ini mengakui bahwa ada komunikasi atara mereka dengan PT LIB beberapa jam sebelum pertandingan terkait masalah Kitas Essien dan Cole tersebut. “Tapi, kami tidak menyepakati permintaan mereka. Kami akan melaporkan masalah ini ke pihak Keimigrasian,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here