Bojongmalaka Bidik Desa Mandiri

jabarekspres.com, BALEENDAH – Ketua tim evaluasi lomba desa Kabupaten Bandung Rachmat, berharap desa dapat mewujudkan kemandiriannya. Selain itu dengan adanya kegiatan tersebut, kata dia diharapkan desa dapat mencari inovasi-inovasi baru untuk menyokong peningkatan ekonomi.

”Selain pembangunan dan pelayanan juga sektor ekonominya juga harus mempunyai pendapatan asli daerah (PAD). Untuk menjadi desa mandiri kepala desa harus mempunyai inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan, pembangunan dan yang paling utama pada sektor ekonominya harus di tingkatkan,” kata Rachmat saat member penilaian di Desa Bojongmalaka, Kecamatan Baleendah.

Penekanan dirinya pada peningkatan PAD, hal itu agar desa tak bergantung terhadap bantuan pemerintah. Salahsatu upayanya dengan pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMD) yang diharapakan akan mampu mendorong perekonomian masyarakat terutama dari sector permodalan bagi para usaha kecil yang ada di tingkat desa.

Kepala Desa Bojongmalaka Jajang Junaedi mengaku bangga dengan terpilihnya Desa Bojongmalaka menjadi salah satu desa terbaik di Kecamatan Baleendah, sehingga dapat diikutsertakan dalam lomba desa di Kabupaten Bandung. Salahsatu yang menonjol di desa yang memiliki 17 RW dengan 106 RT serta jumlah Kepala Keluarga sebanyak 22.415 itu, yakni terkait pembangunan jalan yang bersumber dari swadaya masayarakat. ”Pembangunan jalan sepanjang 1700 meter dengan anggaran dari swadaya masyarakat tanpa ada bantuan pemerintah,” ungkap Jajang bangga.

Jajang mengungkapkan Bojongmalaka merupakan baraya sararea (saudara bersama), karena itu pembangunan dapat terus meningkat dan kondisi lingkungan masyarakat menjadi kondusif.  ”Kondisi masyarakat yang harmonis menjadikan Desa Bojongmalaka yang genah merenah tumaninah,” pujinya.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bojongmalaka Ai Yulia menerangkan, menuju desa mandiri di desanya saat ini sudah mempunyai 5 Posyandu Mandiri sesuai dengan visi dan misi PKK, terwujudnya keluarga yang beriman, sehat, sejahtera, maju,  mandiri dan berdaya saing.

”Misi dari PKK Desa Bojongmalaka, yakni meningkatkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pendidikan keluarga, meningkatkan pendapatan keluarga dan meninggkatkan sandang pangan. Selanjutnya meningkatkan rumah tangga sehat dan meningkatkan kesejahteraan lingkungan,” pungkas anggota DPRD Kabupaten Bandung ini. (gun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan