Bidik Program Inkubator Bisnis

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) menjadi pendamping dalam pengembangan program Cimahi Technopark.

Plt Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, keberadaan Cimahi Technopark akan menjadi pusat pengembangan para pelaku ekonomi lokal berbasis ekonomi kreatif. Salahsatu tujuan utamanya pengingakatan kompetensi, kualitas sumber daya manusia serta daya saing produk dari para pelaku UMKM dan IKM serta para start up yang nantinya akan didampingi secara intensif melalui 2 program utama yang akan dijalankan pada kawasan ini.

“Dua  program utama tersebut, yaitu program inkubator bisnis dan teknologi serta program akselerator UMKM/IKM inovatif yang merupakan program dan kegiatan yang ada pada Dinas Perdagangan Koperasi, Ukm Dan Perindustrian Kota Cimahi. Selain tentu saja program kegiatan penunjang lainnya, dari berbagai SOPD di lingkungan pemerintah Kota Cimahi maupun program kegiatan yang berasal dari inisiasi masyarakat maupun komunitas pelaku ekonomi kreatif, yang baik secara langsung maupun tidak langsung. Kita yakini dapat memberikan kontribusi positif bagi iklim perekonomian di kota cimahi,” katanya, kemarin.

Menurut Sudiarto, program inkubator bisnis dan teknologi merupakan rangkaian program pendampingan yang telah dirancang sedemikian rupa. Sehingga pada waktunya nanti diharapkan dapat menghasilkan para start up yaitu wirausaha-wirausaha baru berbasis teknologi atau yang kita kenal dengan istilah technopreneur yang berdaya saing tinggi serta sarat akan inovasi dan kreatifitas.

Pada akhir pekan kemarin, sudah dimulai rangkaian pendampingan terprogram inkubator bisnis dan teknologi selama 1 tahun penuh. Bagi para start up yang merupakan generasi muda Kota Cimahi terpilih, yang telah melalui serangkaian proses mulai dari proses sosialisasi program hingga pada proses seleksi yang seluruhnya telah dilaksanakan pada akhir tahun 2016.

Sedangkan program akselerator UMKM/IKM inovatif didedikasikan untuk mendampingi para pelaku UMKM/IKM Kota Cimahi yang saat ini sudah eksis, sehingga proses pertumbuhan usahanya akan dapat terakselerasi dengan cepat, terukur    dan tepat penanganan. “Berkaitan dengan program akselerator tersebut, hari ini kami akan mensosialisasikan sebuah rangkaian program pendampingan score plus bagi para pelaku umkm/ikm kota cimahi terpilih,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan