Bidik Bandung Tanpa Kabel Udara

jabarekspres.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung akan melakukan pemotongan kabel udara. Kepala Dinas Peker­jaan Umum Kota Bandung Iskandar Zulkarnain me­nyebutkan kegiatan tersebut dalam rangka penataan kota yang lebih asri dan nyaman dalam program Bandung Tanpa Kabel.

Pemotongan kabel dilaku­kan langsung Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Iskandar Zulkarnain dan Dirjen Sumber Daya Pe­rangkat Pos Informatika Ke­menterian Komunikasi dan Informatika RI Ismail di sim­pang Jalan Naripan-Braga Kota Bandung, kemarin (18/9).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan kenya­manan dan keindahan kota Bandung. Selain itu pemo­tongan kabel juga bertujuan untuk memindahkan kabel ke bawah tanah yang meru­pakan sarana dan utilitas saluran infrastruktur jaring­an komunikasi yang dapat digunakan secara bersama oleh seluruh penyelenggara layanan komunikasi yang dilakukan secara terpadu dengan perencanaan dan penataan estetika kota.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Iskan­dar Zulkarnain menyam­paikan, Kegiatan tersebut mewujudkan smart city dimana sarana komunikasi tidak hanya sebatas alat untuk mengambangkan re­lasi sosial, tetapi juga konek­si ekonomi dan budaya.

Lanjutnya, penempatan jaringan optik yang tidak be­raturan merupakan salah satu persoalan yang menam­bah kekumuhan kota, se­hingga perlu dikendalikan agar selaras degan kaidah dan tata ruang estetika kota ser­ta menciptakan suasana kota yang indah, tertib dan nyaman bagi masyarakat.

”Oleh karena itu bentangan kabel di atas jalan akan me­nimbulkan gangguan-gang­guan terhadap jaringan komunikasi yang banyak di­gunakan warga terutama terhadap kegiatan perekonomian,”ujar Iskandar Zul­karnain, kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung.

Ditambahkan Zulkarnain, pengandalian tersebut sang­at diperlukan karena pembanguan kabel serat optik dan bawah tanah saat ini dilakukan oleh masing masing pengu­saha telekomunikasi. ”Maka dari itu, penyelenggaan duc­ting bersama bisa menjadi solusi untuk mengatasi per­soalan kabel. upaya tersebut merupakan salah satu program pemkot bandung dalam mewu­judkan bandung bebes kabel,” jelas Zulkarnain.

Lanjutnya, dinas PU Kota Bandung menyediakan infra­struktur pendukung seperti itu agar terintegrasi dengan pembangunan trotoar dan aliran drainase yang selanjutnya dapat mendukung bersama Diskominfo terutama untuk mempermudah jaringan komu­nikasi dalam menata dan mendirikan jaringan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan