Berpuasa di Rusia, Negara dengan Waktu Siang Terpanjang

Berada di Lingkar Kutub Utara, berpuasa di Rusia berarti harus menahan haus, lapar, dan hawa nafsu lain selama sekitar 19 jam. Berikut laporan wartawan Jawa Pos EKO PRIYONO yang tengah berada di Moskow.

SEMBARI membawa sebuah kotak kertas, pria itu mendekat. ”Tafadhal (silakan, Red),”’ ucap Amir, pria tersebut, kepada Jawa Pos (Jabar Ekspres Group).

Langit Moskow, Rusia, Minggu ”sore” lalu (18/6) itu masih cukup terang. Kebiru-biruan. Sore harus diberi tanda kutip karena sebenarnya waktu setempat sudah hampir pukul 21.30.

Hari itu Jawa Pos, Amir, dan para muslim lain di ibu kota Rusia harus menjalani puasa selama 19 jam. Jauh lebih lama ketimbang muslim di Indonesia yang rata-rata berpuasa selama 13 jam.

Maklum, Rusia termasuk negara yang berada di Lingkar Arktik atau Lingkar Kutub Utara. Negara-negara di kawasan tersebut harus mengalami masa siang terpanjang sepanjang tahun.

Warga muslim di ibu kota negara dengan jumlah muslim tak kurang dari 3 juta orang itu harus sudah selesai makan sahur sebelum pukul 01.45. Sebab, azan Subuh pada pertengahan Juni ini dikumandangkan pukul 01.59. Dan, mereka baru berbuka pada pukul 21.17. Puncak buka puasa terlama jatuh hari ini (21/6), yakni pukul 21.19.

Dengan durasi puasa sepanjang itu, menu berbuka Amir cukup dengan sepotong roti dan sedikit buah. Padahal, Jawa Pos masih berpikir makanan apa yang masih bisa disantap. Kendati sepotong roti dan buah sudah berpindah ke dalam perut. Hehehe…

Bagi muslim yang tinggal di Moskow, denyut Ramadan yang paling terasa adalah di sekitaran Masjid Katedral Moskow. Tiap menjelang berbuka, ada pembagian segelas air putih dan beberapa butir kurma.

Setelah salat Magrib, baru makan makanan besar. Itu pun tidak sebesar yang saya bayangkan. Ya, itu tadi, ada yang hanya makan sepotong roti plus beberapa potong buah. Ada yang puas dengan setangkup nasi kebuli.

Berbuka secukupnya (ala kadarnya kalau untuk ukuran perut orang Indonesia, hehehe) itu juga tak lepas dari pendeknya waktu beribadah akibat letak geografis Rusia tadi. Muslim di Moskow hanya punya waktu 4 jam sampai sebelum datangnya Subuh.

Tinggalkan Balasan