Beri Wawasan Ilmu Politik

jabarekspres.com, BANDUNG KULON – Ratusan pemuda Kota Bandung dari mahasiswa dan Gibas Motor Club (GMC) mengikuti workshop yang digelar ormas Gibas dan Dispora Kota Bandung di Rumah Makan Sambel Hejo, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, kemarin (11/5).

Ketua Gibas Resort Kota Bandung Freddy B Sirait mengungkapkan, kegiatan ini merupakan yang pertama setelah dirinya dilantik menjadi Ketua Gibas sebulan lalu.

”Prinsipnya, acara ini bertujuan untuk memberdayakan anggota, merubah mindset dengan pengkaderan. Materinya juga bagus, seperti wawasan kebangsaan dan ilmu politik. Kami ingin menciptakan anggota Gibas menjadi pemimpin, atau setidaknya mereka paham tentang politik,” jelas Freddy didampingi Humas Gibas Kustandi.

Pesertanya sendiri dibatasi, karena kapasitas ruangan yang hanya mampu menampung 100 orang. ”Kita dibatasi hanya 100 orang selama tiga hari. Peserta dari Gibas, kepemudaan, maupun GMC. Pemateri dari intern Gibas, Kesbangpol, Dandim, ilmu politik dari ketua KPU langsung,” tambahnya.

Sementara itu, Kasie Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kita Bandung Edi Sartono menjelaskan, sesuai dengan UU Nomor 40 2009, mengamanatkan kepada masyarakat untuk melakukan penyadaran ke organisasi maupun kepada pemudanya sendiri.

Menurutnya, tidak hanya dengan Gibas saja. pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai organisasi, seperti beberapa waktu lalu dengan FKPPI. Pemuda Pancasila, dan organisasi lainnya.

”Hari ini (kemarin), berkaitan dengan pengkaderan, di samping Dispora melakukan kegiatan dengan kewirausahaan lainnya, ada juga pemuda dakwah. Bahkan pemuda dakwah yang ada di bis-bis kota. Dengan melakukan pemberdayaan, penyadaran, diharapkan para pemuda bisa melakukan hal hal positif. Setelah pemuda itu sadar, kita lakukan dengan pemberdayaan melalui kegiatan seperti ini. Lalu dia bisa mengembangkan dirinya,” pungkasnya. (a1/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan