Beri Tribut untuk Adam West

GENERASI saat ini mungkin mengenal Batman dari port­rayal Christian Bale atau Ben Affleck. Paling banter Micha­el Keaton. Namun, bagi gene­rasi sebelumnya, pemeran manusia kelelawar yang orisi­nal adalah Adam West. Bagi mereka, pemeran Batman di serial televisi era 1960-an itu­lah ’’Batman yang asli’’.

West meninggal Jumat lalu waktu setempat (9/6). Kabar itu diungkapkan kali pertama oleh pihak keluarga lewat akun Twitter resmi West pada Sa­btu (10/6). ’’AW (Adam West, Red) kami tercinta meninggal. Dia adalah yang terbaik. Kami bakal merindukan dia gila-gilaan. Kami tahu, kalian bakal merindukan­nya juga. Kelu­arga West,’’ tulis mereka.

Aktor beru­sia 88 tahun itu meninggal di rumahnya di Los Angeles setelah ber­tarung dengan leukemia. Menurut perwakilan kelu­arga, West menderita penya­kit tersebut belum lama. Kakek lima cucu dan dua cicit itu dinilai keluarga se­bagai kesatria sejati.

’’Dia selalu bangga sebagai The Bright Knight. Dia selalu berusaha memberikan efek positif pada hidup fansnya. Dia bakal menjadi pahlawan kami selamanya,’’ ungkap mereka sebagaimana dikutip The Hollywood Reporter.

Rentang West memerankan Batman memang relatif tak lama. Batman diputar tiga musim, mulai 1966 hingga 1968. Bagi fans zaman seka­rang, serial itu terlihat lucu (saking jadulnya). Gadget kuno (batarang-nya sering meleset), dialog kaku (butuh selera humor supertinggi un­tuk memahami), dan jika berantem ada efek CRASH, POW, WHACK, hingga BOOM di layar seperti balon suara ko­mik. Jauh sekali dari Batman zaman sekarang yang sangat sophisticated.

Namun, sekali lagi buat fans di masa itu, itulah Batman yang orisinal. Suaranya saat meme­rankan sang Caped Crusader begitu ikonik dan memorable, dan menjadi contoh bagus buat para pemeran Batman masa kini. ’’Kalau aku mene­lepon ke luar negeri, opera­tornya sudah mengenal su­araku, sebagaimana semua orang di sini (AS, Red),’’ ung­kapnya kepada CNN dalam wawancara dua tahun lalu.

Interpretasinya atas karakter Bruce Wayne juga menjadi pakem film-film Batman yang lebih mutakhir. Menurut dia, Wayne harus cukup matang untuk punya penjaga atau pembantu dan itu muncul dalam sosok Robin. ’’Batman ini butuh seseorang untuk dimentori, diajari. Atau mun­gkin seharusnya dia menga­dopsi anak,’’ kata West.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan