Beri Apresiasi Kenaikan Gaji Petugas Kebersihan

NGAMPRAH –  Masih minimnya gaji petugas kebersihan mendapat perhatian serius dari Pemkab Bandung Barat.

Sekretaris Daerah Maman S. Sunjaya menginstruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat untuk menaikan gaji petugas kebersihan.

Dirinya menilai, berdasarkan beban dan etos kerja yang pantang menyerah sudah selayaknya pemberian penghargaan berupa kenaikan gaji diberikan.

”Peran petugas pemungut sampah ini sangat luar biasa. Tanpa adanya mereka, tidak mungkin sebuah wilayah bisa bersih dan terbebas dari sampah,” jelas Maman kemarin (14/12).

Jika dilihat dari volume dan bobot kerja, kata dia, petugas kebersihan memiliki beban kerjanya jauh lebih berat. Sehingga wajar jika besaran gaji mereka lebih tinggi.

Selain itu, diberikan fasilitas gaji ini sebagai bentuk rangsangan kepada masyarakat ingin menjadi petugas kebersihan. Sebab, selama ini jumlah personil petugas kebersihan masih sangat minim. Bahkan, jumlahnya masih belum sepadan dibanding volume sampah yang diproduksi setiap harinya.

”Kalau dihitung jumlah petugas dengan volume sampah di lapangan masih jauh dari ideal,” terangnya.

Minimnya peminat pada posisi ini, dipandang wajar karena selain beban kerjanya yang cukup berat, menjadi seorang pemungut sampah juga identik dengan kotor dan bau sampah yang akan dihadapinya setiap hari.

”Mudah-mudahan dengan cara seperti ini bisa menumbuhkan minat para TKK lainnya untuk ikut bergabung menjadi tim pemungut sampah. Karena selain gaji yang diberikan lebih besar, posisi ini merupakan pekerjaan mulia karena turut serta membersihkan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Maman mengimbau, kepada petugas pemungut sampah yang saat ini bertugas di lapangan, agar terus bersemangat menjadikan Kabupaten Bandung Barat bebas sampah. Agar tata kota terlihat bersih dan indah. Dia juga mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Bila membuang sampah sembarangan, selain memberatkan beban petugas juga bisa menimbulkan banjir dan bencana lainnya,” tandasnya. (drx/yan)

Tinggalkan Balasan