Berharap Rio Kembali ke F1

bandungekspres.co.id, THAILAND – Pembalap Formula 1 asal Malaysia Alex Yoong sangat berharap Rio Haryanto dapat kembali membalap di F1. Di sela-sela kesibukannya mengikuti 4 Hours of Buriram di Thailand, Yoong mengungkapkan kekecewaannya atas ramainya pemberitaan Rio Haryanto akan berhenti balapan.

”Saya dengar ibunya mengatakan Rio akan berkonsentrasi pada bisnis keluarga. Saya tidak yakin Rio akan berhenti balapan,” ungkap Yoong saat diwawancarai Motosport, kemarin (9/1).

Yoong pernah berada satu lintasan dengan Roy Haryanto, kakak Rio,. Saat itu keduanya masih berlaga di Formula Asia pada tahun 1994. Dia mengungkap sudah mengenal keluarganya sejak lama. ”Saya kira Rio akan sukses dalam apapun yang ia lakukan,” katanya.

Yoong memulai debut F1 di GP Italia 2001 bersama tim papan bawah, Minardi. Didukung sponsor dari Malaysia, ia kembali membalap bersama tim Minardi tahun 2002 yang saat itu berganti nama resmi menjadi KL Minardi Asiatech – KL untuk Kuala Lumpur.

Yoong tidak tampil di musim 2003 setelah sempat gagal lolos kualifikasi tiga kali di musim sebelumnya. Butuh waktu 14 tahun lagi bagi Asia Tenggara untuk kembali memiliki pembalap utama di F1.

Tahun lalu, Rio menjadi satu-satunya wakil dari Asia – benua yang memiliki 4,5 milyar penduduk atau lebih dari separuh populasi planet Bumi. Yoong pun menyadari bahwa tidak mudah untuk menjadi pembalap F1. Apalagi dari negara yang tidak terlalu memiliki kultur atau fasilitas motorsport memadai seperti di Eropa ataupun Jepang. Di mana sponsor sudah lebih memahami manfaat F1 sebagai marketing platform.

”Sangat disayangkan apabila dunia motorsport kehilangan Rio, karena ia pembalap yang begitu bagus,” ujarnya.

Dia optimis bahawa Rio memiliki karier yang panjang di depannya.. Sulitnya mencapai F1 juga diakui Yoong. Meski sudah memiliki sirkuit Sepang dan Petronas sudah menjadi sponsor tim Sauber sejak tahun 1995.

”Saya akan senang melihat Rio kembali ke Formula 1. Saya tak yakin itu akan terjadi, ia tampak tidak mendapat dukungan yang tepat dari sektor korporasi. Sangat sayang sekali,” jelasnya.

Setelah berkarier di F1, Yoong mampu mencapai puncak podium di balapan A1GP. Baru-baru ini, Yoong menjadi juara umum Audi R8 LMS Cup untuk yang ketiga kalinya. (nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan