Berdayakan Warga untuk Posyandu

jabarekspres.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi memberikan sosiali­sasi kepada para kader Posy­andu guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam mempero­leh pelayanan kesehatan dasar. Plt. Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, Posyandu mem­punyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini, yaitu dalam meningkatkan kualitas kese­hatan masyarakat.

Menurut dia, peran Posyandu sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pelayanan kebutuhan kesehatan dasar dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia. ”Diperlukan upaya revitali­sasi terhadap fungsi dan ki­nerja Posyandu. Ini karena kinerja Posyandu secara umum masih belum menunjukkan hasil yang optimal,” tutur Sudiarto usai sosialisasi di Aula Pusdikpal, Jalan Pasir Ku­meli, kemarin (30/3).

Menurut Sudiarto, Posy­andu sebagai lembaga kema­syarakatan yang menjadi wadah partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya ibu dan anak, sen­antiasa diupayakan untuk terus dapat berperan dan berkembang sesuai dengan tun­tutan permasalahan dan pelayanan di masyarakat. Meng­ingat begitu pentingnya peran Posyandu sebagai wahana pelayanan dari berbagai pro­gram, maka peneyelenggar­aan kegiatan revitalisasi Po­syandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masy­arakat secara konsisten.

”Hal ini menuntut adanya pembinaan yang terus mene­rus terhadap kader yang mer­upakan ujung tombak dalam menggerakan Posyandu di wilayahnya masing-masing, dan perlu diupayakan langkah dalam memberdayakan kader agar lebih profesional dalam memantau tumbuhkembang anak, serta membangun ke­mitraan masyarakat untuk meningkatkan dukungan dan memanfatkan posyandu se­cara optimal,” jelas Sudiarto.

Sudiarto merasa bangga ter­hadap kader Posyandu di Kota Cimahi yang bangga akan tugasnya meski dengan predi­kat kader insentif non mate­rial, karena merupakan orang-orang terpilih diantara anggota masyarakatnya. (bun/fik)

Tinggalkan Balasan