Baraca Catat Rekor Muri, 12 Ribu Pelajar SD Membaca Serentak

jabarekspres.com, BANDUNG TENGAH –Sebanyak 12 ribu pelajar se-Kota Bandung dari 274 sekolah dasar mengikuti kegiatan Bandung Juara Membaca (Baraca) di Lapangan Persib (Sidolig) Jalan Ahmad Yani, kemarin (4/5).

Kepala Dinas Pendidikan kota Bandung Elih Sudia Permana menjelaskan, kegitan ini tindak lanjut dari deklarasi literasi sekolah tahun lalu. Elih menuturkan, sebelum kegiatan Baraca, Dinas Pendidikan Kota Bandung telah mengeluarkan kebijakan agar siswa untuk membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

”Kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial saja. Namun merupakan batu loncatan untuk kita mengkapanyekan gerakan membaca khususnya di kalangan pelajar,” kata Elih.

Dengan kata lain, menurut Elih, minat membaca di Kota Bandung mengalami peningkatan yang signifikan. Ini dibuktikan dengan kebijakan membaca yang masih konsisten di setiap sekolah dan dengan acara Baraca.

”Acara ini sebagai ajang apresiasi dan pengalaman untuk para pelajar Kota Bandung. Diharapkan dengan gerakan literasi bisa sadar bahwa mereka adalah kaum intelektual masa depan yang akan membangun bangsa Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini mendapatkan Rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri) dan Record Holders Republic (RHR). Menurut Kepala RHR Lia Mutisari, acara ini layak mendapatkan rekor karena banyaknya peserta yang berpartisipasi. Terlebih kegiatan ini sangat bagus karena menumbuhkan minat membaca.

Menurut salah satu peserta Baraca yang sekaligus Duta Baca Ganeshia Aiko Garnasuara dari SD BPI, acara ini sangat bagus dan membut asik para pelajar. Terlebih dirinya sebagai duta baca dapat menambah teman baru dengan para pelajar Kota Bandung.

”Acara ini diharapkan menjadi sebuah kebudayaan yang baik untuk pelajar Kota Bandung, bahwa membaca merupakan aktivitas positif untuk kita mampu menambah ilmu dan bisa melihat dunia yang sangat luas,” pungkasnya. (mg2/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan