Banyak PNS di Zona Nyaman

”Jadi siapapun kepala dinasnya mengandalkan kualitas sdm-nya. Sebab, sudah disistem, tidak hanya itu saya, masyarakat pun bisa menilai juga kinerja mereka,” tuturnya.

Emil memaparkan, dalam sistem anggaran pun, Pemkot Bandung sudah menerapkan sistem e-budgeting. Sistem ini, berdampak pada efesiensi. Termasuk bisa mengawasi anggaran siluman yang biasa digunakan di akhir tahun. ”Sebab rencana detil penggunaan anggaran harus dipaparkan secara rinci di awal  tahun,” ungkapnya.

Emil menyebutkan, dengan proses ini pihaknya telah melakukan efesiensi pada 2016 ini sebesar Rp 1 triliun dan belanja langsung ke masyarakat menjadi 61 persen.

Untuk pendongkrak kinerja pegawai dirinya juga memberikan apresiasi berbasis kinerja yang berbasis Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (Sakip). Sehingga akan terlihat mana PNS yang benar-benar bekerja dan tidak.

Menyikapi keberhasilannya, Emil mengaku, sangat terbuka bagi kepala daerah manapun untuk bisa sharing dan studi banding. Termasuk menularkan keberhasilan Kota Bandung ke daerah lain. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan