Bantu Pengusaha Perempuan Unbanked

jabarekspres.com, BANDUNG – Penyedia layanan financial technology (fintech) PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) memfokuskan diri menghubungkan perempuan pengusaha mikro pedesaan dengan investor perkotaan.

Brand Manager Amartha Lydia Maria Kusnadi mengatakan, sejak awal berdiri pada 2010 hingga kini, Amartha tetap berkomitmen untuk memberikan layanan keuangan hanya kepada perempuan pengusaha mikro pedesaan yang tidak memiliki akses perbankan atau lebih dikenal dengan istilah unbanked.

”Hal ini didasari oleh sistem Group Lending yang digunakan Amartha cocok untuk diaplikasikan pada perempuan. Selain itu, dengan mendorong seorang ibu, Amartha percaya bahwa kita bisa mendorong satu keluarga sekaligus. Hal ini juga ditegaskan oleh Sankalp Southeast Asia Forum 2017, di mana dikatakan bahwa dengan mendorong perempuan maka ekonomi suatau bangsa akan meningkat, serta secara signifikan akan memberi dampak positif di bidang politik, keluarga, dan komunitas. Konsistensi Amartha ini juga tampak dari kualitas yang selalu terjaga. Selama tujuh tahun berdiri, Amartha berhasil mempertahankan NPLs (Non Performing Loans) di nol persen,” ujar Lydia saat kunjungan ke Kantor Harian Umum Jabar Ekspres di Jalan Soekarno Hatta, kemarin (27/9).

Melalui platform amartha.com, pihaknya memperkenalkan sebuah produk investasi yang bernilai sosial dan profitable untuk para pendana urban. Mekanismenya, melalui pendanaan ringan mulai Rp 3 juta, dana yang disalurkan pada target yang tepat mampu meningkatkan pendapatan masyarakat pedesaan hingga 41 persen per tahun, sehingga secara langsung para pendana ini telah ikut berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan.

”Bagi hasil yang ditawarkan juga cukup menarik yaitu mencapai 17 persen per tahun, dengan perlindungan berlapis untuk mengurangi risiko investasi; seperti Tanggung Renteng, Asuransi Jiwa, juga Asuransi Kredit. Amartha yang telah terdaftar dan diawasi OJK memang benar-benar serius dalam menjalankan misinya, aktif berkomunikasi dengan OJK, bekerjasama dengan komunitas dan institusi, dan baru-baru ini menggandeng Jamkrindo sebagai penyedia jaminan kredit Amartha.

Dia menambahkan, Amartha juga terus terlibat dalam berbagai forum nasional maupun internasional. Tujuannya untuk memperluas wawasan dan memperbesar peluang kolaborasi. ”Sama seperti silaturahmi kita hari ini (kemarin), kami berharap bisa membangun network dan berkolaborasi dengan teman-teman media dan masyarakat luas demi menciptakan impact yang lebih besar bagi Indonesia. Kami sadar bahwa menciptakan kesejahteraan nasional bukan hal yang bisa dicapai sendirian. Jadi, mari kita bergandengan tangan dan bekerja sama untuk bangsa ini,” tutup Lydia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan