Bank Sampah Tambah Penghasilan

bandungekspres.co.id, CIBIRU – Kepedulian masyarakat RW 06, Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung dalam mewujudkan lingkungan hijau, bersih dan asri dilaksanakan dalam pembangunan Bank Sampah. Program ini juga bisa meningkatkan kebutuhan sosial ekonomi secara berkelanjutan.

Manager Bank Sampah RW 06, Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Mimin Siti Aminah mengatakan, Bank Sampah menjadikan lingkungan bersih. Selain itu, juga akan memiliki penghsilan tambahan dari sisa-sisa sampah yang sudah mereka pilah sebelumnya dan diserahkan kepada Bank Sampah.

’’Kadang ada petugas kami yang langsung mengambil kerumah-rumah masyarakat. Kadang masyarakat yang langsung mengirim ke Bank Sampah,’’ kata Mimin saat ditemui di sekretriat Bank Sampah RW 06 Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, kemarin (5/2).

Mimin mengungkapkan, Bank Sampah didirikan sejak November 2009 lalu. Awalnya, mendirikan Bank Sampah ini sangat sulit. Hal ini karena masyarakat saat itu belum sepenuhnya menyadari kalau dengan adanya Bank Sampah, selain lingkungannya menjadi bersih mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan.

’’Biasanya masyarakat mengumpulkan sampah-sampah tersebut selama tiga minggu sampai satu bulan. Sesudah terkumpul langsung dijual kepada kami,’’ jelas Mimin.

Lebih lanjut Mimin memaparkan, apabila sampah yang dikirim masyarakat sudah banyak dan cukup, maka disalurkan kepada pengepul rongsok. Dulu kata Mimin, saat pertama kali dibentuk Bank Sampah, biasanya masyarakat akan menerima uang setelah pihak Bank Sampah menjual barang tersebut ke penampung.

’’Karena sekarang sudah ada uang kas hasil dari penjualan. Maka, kami selalu membayar secara cash apabila ada masyarakat yang menjual limbah sampahnya,’’ tegas Mimin.

Lebih lanjut Mimin menegaskan, karena keberhasilannnya, semua pengurus Bank Sampah RW 06, Kelurahan Palasari ini mendapatkan penghargan sebagai pengelola Bank Sampah terbaik tingkat Kota Bandung saat zaman Wali Kota Dada Rosada.

’’Saat itu, selain kami diberikan penghargaan. Kami juga diberikan uang kadeudeuh yang langsung digunakan untuk uang kas kami,’’ pungkasnya. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan