Bank bjb Terdorong Baiknya Kinerja Pemerintahan

jabarekspres.com, BANDUNG – Pemerintahan yang transparan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi. Hal ini yang dirasakan betul bank bjb sebagai bank daerah milik Jawa Barat.

Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan mengatakan, tingginya pertumbuhan ekonomi Jawa Barat saat ini terdorong oleh sistem yang baik. Hal yang menguatkan hal itu, terlihat dari prestasi Pemprov Jawa Barat yang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerahnya (LKPD). Itu merupakan opini WTP keenam yang diraih berturut.

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat berhasil meraih lima kali secara berturut opini WTP dari BPK RI terkait LKPD, yakni sejak tahun 2011 hingga tahun anggaran 2015. Keberhasilan itu kemudian berlanjut di LKPD tahun 2016.

”Terima kasih Kang Aher. Dengan kepiawaian beliau (Ahmad Heryawan, Red), meski beberapa tahun sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Jabar dengan cukup tinggi,” papar Ahmad Irfan kepada Jabar Ekspres, baru-baru ini.

Untuk diketahui dalam menetapkan predikat opini WTP, ada empat kriteria penilaian. Pertama laporan keuangan disajikan sesuai dengan standar akutansi pemerintah. Kedua, kecukupan bukti penggunaan anggaran.

Ketiga pengendalian internnya, Keempat ketaatan pada peraturan perundang-undangan.

Tidak hanya itu, Irfan mengatakan, gubenur juga berperan untuk mendorong pembangunan di daerah dengan merata. Salah satunya dengan memperbanyak proyek infrastruktur.

”Proyek infrastruktur cukup merangsang perekonomian. Sebab, dengan dibukanya beragam akses, maka gejolak ekonomi semakin baik. Makanya, bank bjb juga ikut berkontribusi dengan meningkatkan pembiayaan sektor infrastruktur,” urainya.

Hingga saat ini, bank bjb telah membiayai empat proyek jalan tol, 14 proyek pembangkit listrik serta proyek Infrastruktur lainnya. Tak hanya itu, bank bjb juga akan meningkatkan pembiayaan pada proyek-proyek infrastruktur di antaranya proyek-proyek jalan tol serta proyek Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

”Sebagai salah satu dari 14 bank terbesar di Indonesia, Bank BJB senantiasa berkomitmen untuk mendukung pembangunan Infrastruktur Indonesia,” tegas Irfan.

Lebih lanjut, Irfan menjelaskan dalam pembiayaan proyek jalan tol, bank bjb turut membiayai pembangunan rua Cikopo-Palimanan (Cipali), Sentul Selatan-Kedunghalang-Kedungbadak-Simpang Yasmin, Jalan Tol Kanci-Pejagan, serta ruas Gempol-Pandaan-Karangjati.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan