Banjir Tahunan Kembali Genangi Kabupaten Bandung

jabarekspres.com, SOREANG – Intensitas hujan yang cukup tinggi dalam dua hari terakhir membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi antara 1 meter hingga 30 centimeter (cm).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Tata Irawan mengatakan banjir terjadi di empat kecamatan pada Jumat (29/9/2017) malam hingga Sabtu (30/9/2017) pagi. Seperti di Kecamatan Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot, dan Banjaran.

“Akibat hujan yang turun cukup tinggi ada empat kecamatan yang mengalami banjir dan juga beberapa kejadian longsor,” kata Tata kemarin, 2/10

Dia menjelaskan berdasarkan prediksi awal BMKG curah hujan tinggi baru diprediksi akan terjadi pada akhir Oktober nanti. Namun ternyata ada prediksi itu meleset mengingat saat ini hujan sudah mulai sering turun. Karena itu di beberapa wilayah yang langganan banjir air mulai menggenang.

Seperti di Kecamatan Dayeuhkolot, Desa Dayeuhkolot di Kampung Babakan Sangkuriang RW 01 dengan ketinggian air 20-30 cm, di Kampung Bojongasih RW 04 ketinggian air 20-100 cm. Di Kecamatan Baleendah, Kelurahan Andir di Kampung Cigosol RW 09 ketinggian air 50-80 cm, di Kecamatan Bojongsoang di Kampung Cijagra RW 09 ketinggian air 20-50 cm.

Menurutnya tidak ada korban jiwa ada warga yang mengungsi akibat bencana banjir ini. Kendati begitu pihaknya sudah menyiapkan posko dan juga menyiapkan sejumlah personel termasuk bantuan logistik sebagai antisipasi karena dikhawatirkan hujan akan kembali turun.

“Karena hujan ini baru turun setelah musim kemarau maka daya serap air di tanah cukup cepat, begitupun aliran air sungai di Citarum bisa cepat. Kami berharap air cepat surut walaupun personel tetap kami siapkan sebagai antisipasi,” pungkasnya. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan