Bangun Terminal Tapi Lahan Terbatas

13
ACHMAD NUGRAHA/JABAR EKSPRES
FOTO ILUSTRASI: Siswa Sekolah Dasar melintas di kawasan Terminal Cimindi.

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk memberikan layanan di bidang transportasi agar memadai dalam waktu dekat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi akan kembali membangun terminal.

Dalam pencapaian pembangunan nasional peranan transportasi memiliki posisi yang penting dan strategi dalam pembangunan, maka perencanaan dan pengembangannya perlu ditata dalam satu kesatuan sistem yang terpadu.

Kepala bidang Angkutan dan Penerangan Jalan Umum Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang mengatakan pembangunan terminal baru dirancang untuk terlaksananya keterpaduan intra dan antar moda secara lancar dan tertib.

“Jadi kami berencana membuat terminal tipe C atau sub terminimal yang berlokasi di Cibeber,”kata Endang ketika ditemui kemarin (20/11)

Dirinya mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk pembebasan lahan yang rencananya akan dibuat terminal bertipe C atau Sub terminal yang ditargetkan selesai pada tahun ini.

“Kalau semuanya lancar tahun ini beres. Kita alokasikan Rp 2 miliar. Tapi untuk pembayaran nantinya disesuaikan dengan luas dan kesepakatan harga per meternya,” katanya, saat dihubungi melalui telepon, kemarin (19/11).

Endang menyebutkan, pihaknya akan membebeaskan lahan sekitar 750 hingga 1.000 meter. Lahan tersebut terletak di RW 06 Kelurahan Cibeber hanya terdapat dua Kepala Keluarga (KK), sisanya merupakan lahan kosong.

Endang mengaku, sebetunya Pemkot Cimahi menginginkan pembuatan terminal yang ideal. Sehingga, bisa mengakomodir tersedianya sarana dan prasarana penunjang seperti WC dan sebagainya.

“Tapi melihat kondisi yang ada, mungkin minimal 750-1.000 meter ini yang lagi kita usahakan. Idealnya lebih dari 1.000 meter,” sebutnya.

Endang melanjutkan, rencana ini masih perlu disosialisasikan, baik pembangunannya maupun pembebasan lahannya. Dan dalam waktu dekat, lanjut Endang, pihaknya segera melakukan sosialisasi tersebut.

“Ngobrol-ngorbol dengan yang punya mah sudah. Kita akan jadwalkan untuk sosialisasi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Tata Wikanta membenarkan rencana pembuatan terminal cibeber tersebut. Menurutnya, bila pembebasan lahan selesai tahun ini, maka kemungkinan tahun depan akan langsung ke tahapan pembangunan fisik.

“Mudah-mudahan pembebasan tanahnya bisa terealisasi ditahun ini. Sehinnga dengan penambahan terminal bisa membuat semakin tertata, tidak semrawut karena mencari penumpang ngetem sembarangan” tutu Tata (zis/yan)

Sejauh ini, Pemerintah Kota Cimahi baru memeliki terminal Cimindi, Pasar Atas dan Pasar Antri. Semuanya merupakan terminal tipe C atau subterminal. Pembuatan terminal Cibeber dimaksudkan untuk memfasilitasi angkutan umum atau angkot trayek Cimahi-Leuwigajah-Cibeber dan trayek Cimahi-Contong-Cibeber. (ziz).

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here