Bale Pinter Pemilu Resmi Dibuka

jabarekspres.com, SOREANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, resmi membuat sarana edukasi untuk masyarakat agar lebih memahami, mengetahui tentang pemilu dan pentingnya untuk terlibat dalam pemilu yang baik.

Sarana edukasi kepada masyarakat ditandai dengan Launching Bale Pinter Pemilu yang menampilkan berbagai informasi tentang pemilu di Kantor KPU Kabupaten Bandung. Kegiatan tersebut dibuka Bupati Bandung Dadang M Naser, Rabu (19/4).

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Hasbi Noor mengatakan Launching Bale Pinter Pemilu ini berangkat dari semangat yang diusung oleh pihaknya, untuk memberikan pemahaman luas tentang pentingnya pemilu dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang detail

Bale Pinter Pemilu, bukan sekedar menampilkan informasi saja. Baik itu berbentuk display, digital atau yang lainnya. Tapi harapan kami, nanti dapat digunakan untuk tempat pertemuan dan mendiskusikan hal-hal untuk kemajuan demokrasi di Kabupaten Bandung,” jelasnya kepada wartawan usai kegiatan Launching Bale Pinter Pemilu di Kantor KPU, Rabu (19/4).

Menurutnya dengan adanya Bale Pinter Pemilu bisa menjadi ruang bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih tentang pemilu juga bagi para pemilih pemula, maupun kaum disabilitas bisa melaksanakan atau memperagakan simulasi-simulasi terkait kegiatan pemilu.tuturnya

Dirinya mengakui tingkat kemelekan masyarakat Kabupaten Bandung terhadap pesta demokrasi kurang begitu maksimal. Itu yang dirasakan pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung 2015 lalu, kalau dipersentasikan tingkat partisipasi masyarakat baru mencapai 70 persen. ”Dengan adanya sarana edukasi bale pintar pemilu, bisa menarik daya minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu”.

”Makanya dalam waktu dekat-dekat ini, kami akan memberikan pendidikan pemilu bagi pemilih pemula jelang Pilgub Jabar 2018. Untuk mencerdaskan masyarakat tentang pemilu, akan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak khususnya dengan dinas pendidikan karena pemilih pemula berada di Dinas tersebut, untuk lebih mengedukasi pentingnya mereka ikut terlibat dalam pemilu,” tukasnya

Bupati Bandung, Dadang M. Naser mengapresiasi dan menyambut baik keberadaan Bale Pinter Pemilu yang dinilai menjadi sarana edukasi bagi masyarakat agar lebih memahami dan lebih mudah untuk mendapat inpormasi tentang pemilu.

Tinggalkan Balasan