Badai Diprediksi Masih Mengancam

Sejumlah Reklame Roboh, Pohon Bertumbangan

AMRI RACHMAN DZULFIKRI/JABAR EKSPRES
TUTUP JALAN: Petugas mengevakuasi pohon tumbang yang menutupi akses Jalan Ir. H Djuanda, Kota Bandung, kemarin (19/4).

jabarekspres.com, BANDUNG – Anomali cuaca menghantam Kota Bandung, kemarin (19/4). Kota berjuluk Paris van Java itu terpa angin kencang dan hujan es di sejumlah lokasi. Bahkan dilaporkan, pohon tumbang juga menimpa delapan kendaraan dan empat rumah.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geo­fisika (BMKG) Kota Bandung Neneng Sugianto mengatakan, hujan deras disertai angin kencang dan petir terjadi se­kitar pukul 14.00. BMKG juga menerima laporan hujan es di sebagian kecil wilayah.

FAJRI ACHMAD NF / JABAR EKSPRES  HANCURKAN REKLAME: Pekerja mengevakuasi reklame yang roboh dengan memotong batang besi reklame di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (19/4). Akibat hujan deras disertai pertir dan angin kencang, sejumlah ruas jalan di Kota Bandung terhambat oleh pohon tumbang dan reklame yang roboh karena kurang kokoh.
FAJRI ACHMAD NF / JABAR EKSPRES
HANCURKAN REKLAME: Pekerja mengevakuasi reklame yang roboh dengan memotong batang besi reklame di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (19/4). Akibat hujan deras disertai pertir dan angin kencang, sejumlah ruas jalan di Kota Bandung terhambat oleh pohon tumbang dan reklame yang roboh karena kurang kokoh.

”Laporan masyarakat yang masuk ke BMKG memang ada hujan es di sekitar Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, Jalan Suci, dan Cihampelas,” kata Neneng, kemarin (19/4).

Menurutnya ukuran es yang jatuh pun bervariasi dari bu­tiran kecil hingga sebesar kelereng. Tentu butiran es yang jatuh cukup menimbulkan rasa sakit dan suara yang ke­ras di atap-atap rumah.

Hujan es ini disebutnya ter­jadi akibat proses kondensasi yang kelewat dingin. Sehingga air yang menguap berubah bentuk menjadi kristal es. ”Hu­jan es terjadi akibat proses kondensasi yang terlewat dingin. Hingga mencapai titik freezing (pembekuan, Red) level. Dengan suhu -44 derajat celcius sehingga terbentuk butiran es. Jadi begitu turun ke bawah masih berupa butiran es,” papar tutur Neneng.

Dia menambahkan, hujan deras disertai angin kencang dan petir ini hampir terjadi merata di seluruh wilayah Kota Bandung. Ada pula la­poran pohon tumbang di beberapa lokasi seperti di Jalan Dago (Ir H Djuanda).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here