Ayu Ting Ting Langgar UU Perlindungan Anak

NIAT penyanyi dan presenter Ayu Ting Ting membesarkan buah hatinya, Bilgis Khumairah Razak seorang diri tanpa sentuhan tangan mantan suaminya, Henry Baskoro Hendarso bakal berbuntut panjang.

Ayu -sapaan akrabnya,- bakal berurusan dengan hukum. Ini setelah, Ayu disinyalir melanggar undang-undang perlindungan anak. Hal tersebut  terungkap setelah kuasa hukum Enji -sapaan akrab mantan suami Ayu Ting-Ting,- Denny Karel Tumuji bertemu dengan Rita Pranawati, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

”Mbak Ayu harus baca undang-undang Perlindungan Anak Pasal 14, tercantum bahwa tiap anak walaupun orangtuanya terpisah, tetap punya hak untuk bertemu langsung dengan orangtuanya,” ujar Rita Pranawati saat ditemui di kantor KPAI, Menteng, Jakarta pusat, belum lama ini.

Apalagi dalam konsultasi tersebut, Enji menyebutkan bahwa dirinya tak mendapat kesempatan untuk bertemu dengan buah hatinya. ”Mendapat pengasuhan, nafkah dan hak lainnya itu dijelaskan di dalam UU. Termasuk untuk mengetahui orangtua kandung. Anak angkat saja punya hak, bahkan harus diberitahu siapa bapak atau ibu sesungguhnya, apalagi anak kandung,” katanya.

Rita mengemukakan kehadiran Denny Karel Tumuji mewakili Enji berkonsultasi meminta haknya sebagai seorang ayah.  Dalam kasus ini, Ayu tak boleh menghalangi mantan suaminya untuk bertemu dengan anaknya. ”Tadi disampaikan, sebenarnya siapa sih pada prinsipnya orangtua yang tidak ingin ketemu anaknya. Tetapi kemudian Mas Enji pingin dengan cara-cara yang baik dan KPAI sendiri merasa ini adalah bagian dari proses untuk menyiapkan kembali bahwa ada hak-hak anak yang terlanggar, tidak hanya untuk kasusnya Enji dan Ayu tapi jutaan anak Indonesia yang hak-haknya tercabut karena kondisi konflik kedua orangtuanya,” terangnya.

Denny Karel Tumuju SH, selaku kuasa hukum Enji mengatakan kedatangan ke KPAI merupakan salah satu upaya agar klienya bisa bertemua dengan buah hatinya. Sebab selama ini, Ayu terkesan menghalang-halangi enji untuk bertemu dengan buah hatinya. ”Hati bapak pastilah kangen otomatis sama anaknya, bukan untuk memiliki. Cuma rasa kangen untuk ketemu aja,” ungkap Denny.

Denny mengaku, mulanya Ayu memperbolehkan mantan suaminya bertemu Bilqis. Namun setelah beberapa kali kerumah, Enji tak bisa lagi melihat langsung buah hatinya. ”Enji tiap saat mau saja lihat anaknya. Informasi dari Enji sudah berapa kali ke rumahnya Ayu,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan