Atasi Banjir, Pemkab Buat Oxbow di 14 Titik

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk mengantisipasi terjadinya benacana banjir yang kerap sering terjadi di wilayah Dayeuhkolot dan Baleendah Pemkab Bandung berencana akan mengaktifkan kembali danau (Oxbow) yang berfungsi air.

Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, dengan adanya Oxbow, beban air di aliran Sungai Citarum utama menjadi ringan dan akan mengalir Sungai Citarum lama. Bahkan, pada 2018 nanti Pemkab Bandung akan membangun Cekungan untuk membangun embung dibeberpa titik.

“Saat ini sudah dimulai pembelian lahan untuk cekungan itu,”kata Dadang ketika ditemui di kantor Pemkab kemarin (26/9)

Menurutnya, embung tersubut memiliki fungsi sama dengan danau agar air tidak langsung mengalir secara deras sehingga membanjiri pemukiman warga.

Dadang menyebutkan, saat ini tengah dilaksanakan Pengerukan Oxbow sebanyak 14 titik dianak Sungai Citarum dengan luas sekitar 40 hektare. Bahkan, Oxbow ini lebih luas jika dibandingkan dengan danau resapan yang hanya 8 hektare.

“Mudah-mudahan upaya ini bisa mengatasi banjir di musim penghujan nanti,” ucap dia

Dadang menilai, masalah banjir merupakan masalah bersama dimana seluruh pihak harus turun bersama kenapa masih terjadi banjir terus menerus. Dia tak menampik, jika untuk mengatasi permasalahan banjir masih terjadi egosektoral antar lembaga. “BBWS dimana, PSDA dimana dan Pemkab Bandung dimana ini yang mesti konprehensif,” terangnya.

Selain itu, Masyarakat di Kabupaten Bandung dan diluar harus bisa meningkatkan kesadaran dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menjaga kelestarian hutan. Dengan cara melakukan penghijauan kembali.

“Selain penghijauan, resapan air pun harus dibuat, dan embung harus ada, serta apabila selesai banjir, masyarakat tidak membuang sampah ke sungai,” tegasnya. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan