Ara: Pancasila Satukan Keberagaman Bangsa

jabarekspres.com, SUMEDANG: Anggota MPR RI Komisi XI, Maruarar Sirait, S.IP mengajak mahasiswa, khususnya dari perguruan tinggi yang ada di Jatinangor, untuk tak melupakan sejarah. Karena, Ia menilai bahwa sejarah itu cukup penting dan mesti dihormati.
“Saya katakan pada anak muda penting menghormati sejarah, penting belajar sejarah, penting menghormati orangtua. Tapi menurut saya, lebih penting membuat sejarah yang positif bagi Indonesia dan bermanfaat. Saya tidak mau umur saya dari lahir sampai mati belajar sejarah terus, saya mau membuat sejarah,” Maruarar Sirait saat memberikan pemaparan dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR, Jumat (28/4/2017).
Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keberagaman, karena Satu Indonesia. Selain itu ideologi Pancasila, merupakan landasan yang tepat untuk mempersatukan Indonesia yang beragam tersebut. Bukti keberagaman tersebut dia menyebutkan secara ras dirinya berasal dari suku Batak, namun karena Orang Indonesia, dirinya pun berhasil menjadi caleg dari mayoritas Suku Sunda dan mayoritas beragama Islam dari daerah pemilihan Sumedang, Majalengka dan Subang.
“Bagaimana di Sumedang, Subang Majalengka saya menang. Tiga belas tahun saya tidak pernah ketemu Marga Sirait satu pun juga di sini. Tapi bagaimana saya bisa (menjadi) suara terbesar di Subang, Sumedang, Majalengka, karena semua yang ada di sini, adalah saudara-saudara saya,” jelasnya.
Bahkan sebut dia, Almarhum Gusdur sempat bertanya bagaimana caranya Maruarar dapat berhasil meraih suara terbanyak di wilayah yang notabene ummat muslimnya lebih banyak. “Saya telah menemukan ummat muslim yang sangat baik, sangat terbuka, sangat cinta perdamaian di Sumedang, Majalengka dan Subang. (Mereka) Tahu saya Batak, saya Kristen, tahu saya orang Indonesia, tapi tetap (di pileg) suara saya terbesar di Sumedang, Majalengka dan Subang. Bahkan di Sumedang naiknya luar biasa. Bagaimana saya tidak mencintai tanah Sumedang, saya bisa kualat kalau saya tidak baik-baik sama rakyat Sumedang,” imbuhnya. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan