Apartemen Rakyat Tamansari Disosialisasikan

jabarekspres.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung kembali melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan apartemen untuk rakyat di kawasan Kebon Kembar RW 11 Taman Sari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung, kemarin (6/10).

Sosialisasi tersebut digelar kondusif bersama tokoh dan perwakilan warga yang hadir. Sosialisai yang seharusnya digelar pukul 9 pagi tersebut sempat diundur dan kembali dilanjutkan pukul 2 siang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Arief Prasetya menjelaskan sosialisasi ini merupakan tahap akhir sebelum pengerjaan tahap pertama apartemen rakyat Taman Sari yang diketahui mengusung tema Sunda Kiwari.

”Sosialisai ini merupakan tahap akhir, sebelum pengerjaan tahap pertama, kami beri waktu 2 Minggu untuk relokasi,” jelasnya di hadapan warga yang hadir pada sosialisasi di taman Film Kota Bandung.

Lebih lanjut Arief mengutarakan nantinya Pemkot Bandung akan menyediakan tempat sementara bagi warga menjelang relokasi yakni di Rancacili, jika dirasa mendesak dan tidak memungkinkan pihaknya akan menyediakan opsi posko sementara di kantor kelurahan Taman Sari. ”Hal hal yang dirasa mendesak akan kami upayakan untuk dibantu, pada dasarnya ini untuk kebaikan masyakarat dan kebaikan bersama,” jelasnya.

Lanjutnya, pemerintah kota tidak hanya akan membangun gedung apartemen saja. Pemkot juga akan menyediakan ruang-ruang ekonomi untuk warga. ”Di daerah tersebut kan warga juga mencari penghidupan, ada tukang tambal ban, dan sebagainya. Nanti kita sediakan juga kios atau warung. Sehingga ada jangkauan ke tempat niaga,” ujarnya.

Perlu diketahui dalam sosialisasi tersebut pemerintah kota Bandung akan berupaya memberikan kompensasi bagi masyarakat yang akan direlokasi di kawasan taman Sari melalui tim yang dibentuk dan dihitung penilaian NJOPnya melalui Dinas Tata Ruang dan akan melibatkan warga sekitar.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Warga, Kawasan ini dihuni sekitar 193 KK dan 90 unit bangunan dan mempunyai luas sekira 5000 meter persegi.

Sebelumnya Pemkot Bandung telah melakukan upaya sosialisasi kepada warga Taman Sari dengan melakukan mediasi antara warga dan Wali Kota Bandung bulan Juli lalu serta upaya upaya lainnya. (pan/ign)

Tinggalkan Balasan