Aparatur Desa Harus Paham Tupoksi

CICALENGKA – Upaya mewujudkan desa maju, berdaya saing dan berjalannya pembangunan perangkat desa harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Seperti yang dilakukan di Desa Tenjolaya Kecamatan Cicalengka Kabupatan Bandung dilangsungkan pembinaan dan peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, lembaga desa yang bertempat di aula Desa Tenjolaya kemarin (28/12)

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh perangkat desa dan lembaga, RT dan RW dengan menggunakan sumber anggaran dari ADPD Desa Tenjolaya tahun 2017.

“Diharapkan dari pelatihan dan peningkatan kapasitas aparatur desa ini perangkat desa dan aparatur di desa mampu memahami tugas dan fungsinya,” kata Mamad, SP Kepala Desa Tenjolaya kepada Jabar Ekspress Kamis (28/12/2017).

Walaupun perangkat desanya dianggap sudah mumpuni dalam menjalankan roda pemerintahan akan tetapi harus terus diasah.

Sebab, pengetahuan perangkat dan aparatur desa harus terus ditingkatkan dengan pembinaan.

“Kita berupaya mengingatkan saja kepada perangkat desa yang ada,” katanya.

Berdasarkan pantauan kantor desa dan pelayanan publik di Desa Tenjolaya yang terletak di Jalan Kapten Sangun nomor 61 Desa memang sudah ada kemajuan. Hal ini, terlihat dari fasiltas dan sarana yang masih terbilang baru.

Sementara itu Camat Cicalengka H. Entang Kurnia mengatakan, usai memberikan materi pada kegiatan tersebut dia menhimbau untuk meningkatkan kapasitas aparatur dalam merencanakan pembangunan di desa. Dengan begitu, pembangunan yang dilakukan di desa Tenonjaya akan selalu dirasakan oleh masyarakatnya.

“Jadi  output pembinaan setiap tahunnya dapat di tingkatkan. Sehingga, desa dapat merencanakan pembangunan yang sesuai dengan visi dan misi kabupaten Bandung,” ucapnya. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan