Angkat MICE sebagai Potensi Besar Pariwisata

jabarekspres.com, BANDUNG – Perhimpunan hotel berbintang yang tergabung dalam Riung Priangan mengangkat Meetings, Incentives, Conferences, dan Events (MICE) sebagai destinasi pariwisata favorit kota.

Chairman Riung Priangan Nandang Suryana mengatakan, Bandung memiliki potensi yang besar mulai dari keindahan alam, keunikan kuliner, keragaman budaya dan keramahan penduduk.

”Bandung harus siap menjadi tuan rumah untuk menunjang kegiatan MICE berskala kecil, besar atau domestik dan internasional,” ujar GM Hotel Padma tersebut saat silahturahmi bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jalan Gatot Soebroto, baru-baru ini.

Untuk mencapai tujuan itu, Riung Priangan terus bekerja sama dengan para stakeholder Kota Bandung, baik itu pihak swasta atau pemerintah seperti Disbudpar.

Menurut dia, sangat penting untuk mengembangkan Kota Bandung sebagai kota yang siap menjadi tuan rumah berbagai event MICE baik itu yang berskala kecil maupun besar, domestik juga internasional.

Seperti dilihat pada data dari International Congress and Convention Association (ICCA) di ASEAN ada lebih dari 500 MICE setiap tahunnya. Sayangnya Indonesia sebagai negara terbesar di Asean hanya menerima kurang dari 100 MICE per tahun.

”Data juga menunjukkan bahwa top 3 topik meeting adalah teknologi, ilmu pengetahuan dan edukasi yang kita ketahui bersama merupakan DNA dari Kota Bandung,” ucap Nandang.

General Manager The Trans Luxury Hotel Farid Patria mengatakan, perlu adanya kerja sama yang baik antar seluruh stakeholder Kota Bandung baik itu pemerintah dan juga swasta untuk memperbaiki posisi Bandung pada peringkat kota tujuan MICE di Indonesia.

”Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik adanya kesempatan untuk bekerja sama dengan Disbudpar Kota Bandung untuk dapat menjadikan kota Bandung lebih terintegrasi sehingga siap menyambut tamu-tamu domestik dan internasional baik itu di bidang MICE maupun leisure,” ujar Farid. (fik/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan