Angka Keinginan Hidup Lansia Makin Rendah

Dirinya mengapresiasi karena dari 27 kabupaten/kota, baru Kota Bandung saja yang melaksanakan rakor dan pengukuhan. “Alhamdulillah kota Bandung kota pertama yang melaksanakan rakor dan pengukuhan. Saya harap dengan telah dikukuhkannya anggota maupun bisa ketua, Lansia di Bandung menjadi lebih bahagia dan nyaman tinggal di Bandung,” sambungnya.

Dirinya berpesan, jika ingin menjadi Kota Ramah Lansia maka ada beberapa indikator yang harus dibenahi, diantaranya ruang terbuka untuk lansia, transportasi nyaman, perumahan, partisipasi sosial, inklusi keterlibatan sosial, partisipasi sipil dan pekerjaan, komunitas dan informasi serta dukungan masyarakat layanan kesehatan.

”Agar hal tersebut bisa hadir, maka koordinasi setiap SKPD maupun masyarakat harus baik. Insyaallah jika itu terjadi maka kota Bandung mendapatkan predikat Kota Ramah Lansia,”ujar Ridwan.

Tambah Emil, usia harapan hidup orang Bandung sudah meningkat. Usia harapan hidup orang Bandung 74 tahun. Di atas rata-rata Nasional. ”Kita sudah lakukan kongres mengenai lansia. Intinya, kita akomodir secara kesehatan dan tata ruang. Dipekerjakan semaksimal mungkin. Transportasi saya perintahkan untuk digratiskan untuk lansia. Kesehatan secara rutin dikunjungi oleh program layad rawat,” imbuhnya lagi.

Dengan adanya ini dia berharap di tahun-tahun berikutnya Kota Bandung masuk ke dalam kategori ramah lansia. ”Saya akan memperkerjakan lansia,  yang tidak terlalu repot. Bahasanya ngurus taman, bersih-bersih, itu kan bisa dicoba Bandung ya bersih, lansia juga punya kegiatan,” tutupnya.

Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, pengukuhan sekaligus rakor ini merupakan kegiatan yang luar biasa khususnya untuk para pengurus yang akan di lantik mendapatkan amanah mengurus kaum lansia di kota Bandung.

”Hal ini luar biasa, karena dalam Alquran dan tafsir menjelaskan, satu satunya pesan yang Allah sampaikan kepada umat manusia dalam Alquran adalah agar seluruh umat manusia bersikap memuliakan orang tua. Hal itu disampaikan bahwa kita sebagai manusia memiliki orang tua yang harus diperhatikan sebaik mungkin. Karena di waktu yang akan datang, kita pun akan menjadi orang tua,”tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan