Anak “Shah Rukh Khan” di Bonbin

jabarekspres.com, BANDUNG – Kebun Binatang Bandung memiliki anggota baru setelah Sila induk harimau benggala melahirkan dua anaknya pada 25 Juni lalu.

Dokter hewan kebun binatang Bandung Deddy Tri Sasongko mengatakan, ini merupakan kelahiran anak pertama dari pasangan Sila,9 dan Shah Rukh Khan, 15.

”Ini anak pertama Sila setelah di datangkan dari maharani zoo Lamongan pada tahun 2016 lalu,”  kata Deddy saat mempublikasikan anak dari Sila di Kebun Binatang Bandung, kemarin (2/8).

Dokter yang juga menjabat sebagi kepala divisi konservasi Kebun Binatang Bandung ini pun menyebutkan program breeding room dengan Maharani Zoo Lamongan, Sila datang ke Bandung 3 Maret 2016 dengan perjanjian selama tiga tahun lamanya. ”Dalam perjanjian harus dibagi dua anaknya,” terang Deddy.

Kedua anak sila secara umum, sebut Deddy terlihat sehat. Hingga hari kemarin, pada usianya yang baru menginjak 39 hari itu, berat badan pada bayi jantan itu seberar 4,5 kilogram dan betina 4,9 kilogram. ”Itu berat badannya sekarang,” terangnya.

Hewan yang bukan asli Indonesia ini terang Deddy di kebun binatang Kota Bandung sendiri hanya memiliki satu pasang yakni Sila dan Shah Rukh Khan dan keberadaannya sudah hampir punah. Sehingga dengan kelahiran anak dari pasangan ini akan menambah jumlah angka harimau Manggala.

”Harimau beggala ini bukan asli Indonesia tapi kita kewajiban untuk melestarikannya,” jelasnya.

Sementara itu marketing komunikasi (Markom)  kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafii, menjelaskan dua harimau Benggala ini rencananya memang akan dipertontokan ke umu. ”Sekalian menawarkan kepada pengunjung untuk menjadi bapak angkatnya. Siapa yang mau jadi bapak angkat silakan bapak asuh, silakan memberi nama kemudian nanti ada hak, kewajibannya kita kasih hak ekslusif untuk ketemu dengan satwa-satwa itu,” ungkap Sulham.

Sulham menerangkan saat ada yang mengkatkan sebagai orangtua asuh, pihak kebun binatang hanya memberikan kewajiban bapak asuh untuk memberikan susu dan pakannya selama setahun.

”Kalo susu harus impor dari Australia itu pas dibuka, ternyata di dunia program seperti itu banyak orang yang kelebihan duit tidak bisa lagi menyimpan duitnya ikut program seperti ini. Nah itu kita buka mau warga Indonesia warga Bandung, kita persilakan menjadi bapak angkat dari kedua anak harimau benggala ini,” jelaskan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan