37 Paskibraka Lakukan Dites Urine

jabarekspres.com, CIMAHI– Sebanyak 37 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Cimahi, yang akan bertugas mengibarkan bendera saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 72 tahun, melakukan tes urine.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cimahi, Wahyu Harja Prayoga mengatakan, pelaksanaan tes urin tersebut merupakan salah satu terobosan baru BNNK. Sebab, di kabupaten dan kota lain itu belum ada.

Selain itu, pelaksanaan tes urine ini juga sebagai pembelajaran untuk para pemuda, karena narkoba apapun jenisnya itu sangat berbahaya.

“Karena mereka siswa pilihan dari setiap sekolah, harapannya bisa menjadi penyambung lidah dari BNN Kota Cimahi dengan menyampaikan apa yang mereka dapatkan ke teman-temannya,”katanya. Disela-sela pelaksanaan tes urine, di Gedung B Komplek pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, kemarin (7/8).

Wahyu menjelaskan, kedepan bukan tidak mungkin para anggota paskibra tersebut akan menjadi duta narkoba dan akan bersentuhan dengan masyarakat, untuk menyampaikan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba ( P4GN).

“Akan tidak etis ketika seorang petugas pengibar bendera, ternyata positif menggunakan narkotika atau psikotropika,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disbudparpora Kota Cimahi, Nanang, mengatakan pelaksanaan tes urin kali merupakan upaya lanjutan dari P4GN yang ditujukan bagi siswa SMA dan SMK.

“Apa yang dilakukan ini konteksnya pembinaan dan pemberian pemahaman, bukan punishment. Ini kegiatan kedua dengan BNN, yg pertama itu pelaksanaan sosialisasi P4GN,” kata Nanang.

Pihaknya menjelaskan sangat mendukung pelaksanaan tes urin, bukan hanya untuk anggota Paskibraka, namun untuk seluruh jenjang sekolah, mengingat peran sekolah dalam melakukan pengawasan sangat terbatas.

“Karena mereka Paskibraka, saya kira pola pikir mereka mengenai bahaya narkoba sudah sedikit lebih baik dibandingkan anak-anak yang lain, apalagi mereka sangat menjaga kesehatan fisik mereka,” tambahnya.

Senada dengan Nanang, Ketua PPI Kota Cimahi, Deni Ismail, mengklaim sangat mendukung pelaksanaan tes urine untuk anak didiknya, mengingat pihaknya enggan kecolongan bila ada salah satu anggota Paskibraka yang positif narkoba.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan