23 Desa Gelar Pilkades Bulan Oktober 2017

jabarekspres.com, SOREANG – Sekitar 23 Pemerintahan Desa yang tersebar di 17 kecamatan se Kabupaten Bandung pada Oktober nanti akan melaksnakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap II

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan pemerintaha Desa (DPMPD) Kabupaten Bandung Rachmat menjelaskan berdasarakan aturan ada sekitar

22 Desa dari 270 desa se kabupaten Bandung yang sedang dalam proses tahapan pelaksanaan Pilkades.

Menurunya, osialisasi sudah dilaksanakan perdapil, dengan melibatkan beberapa dinas juga perwakilan DPRD komisi A pada. Pada gelombang pertama dilaksanakan pada april tahun 2015 lalu sebanyak 48 Desa dan 22 Desa tahun 2017 sekarang.

Rachmat menambahkan, jumlah desa di Kabupaten Bandung ada sekitar 270 desa. Sehingga, sebanyak 70 desa sudah melaksanakan Pilkades. Sedangkan sisanya sebanyak 200 desa akan dilaksnakan pada tahap ketiga.

“Kami belum bisa memastikan kapan, tahun berapa bisa melaksanakan pilkades serantak tahap ketiga entah tahun 2018 atau 2019. Apalagi jumlahnya sampai 200 Desa,” paparnya

Rachmat menyebutkan, DPMPD mengajukan anggaran sekitar 1,4 Milliyar, sesuai dengan jumlah desa yang akan melaksanakan pilkades serentak. Bahkan, anggaran pilkades mengalami kenaikan karena sebelumnya per hak pilih hanya 5000, sedangkan aturan sekarang menjadi 7500 per hak pilih.

Pihaknya menghimbau kepada panitia pemilihan kepala desa atau masyarakat yang akan mengikuti pemilihan secara serentak ditiap desa, oktober mendatang agar mengikuti tahapan yang sudah ditentukan pemerintah dan sosialisasi agar persiapan, pelaksanaan berjalan dengan lancar.

“Kita sudah mensosialisasikan kepada semua desa yang akan melaksanakan pilkades secara perdapil, dengan melibatkan muspika agar pelaksanaan berjalan lancar,” pungkasnya (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan