148.066 Peserta Lulus SBM PTN

jabarekspres.com, JAKARTA – Saat yang ditunggu 797.738 pelamar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) akhirnya datang juga. Siang ini, nama-nama peserta yang lulus ujian bisa dilihat di website resmi panitia SBM PTN. Hasil seleksi menetapkan 148.066 peserta lulus ujian tulis SBM PTN.

Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi kampus dengan tingkat penerimaan SBM PTN tertinggi dengan jumlah 4.176 pelamar. Disusul kemudian Universitas Nusa Cendara (4.122 peserta), Universitas Negeri Padang (4.022), Universitas Padjadjaran (4.020), dan Universitas Diponegoro (3.546).

Sementara itu, persaingan sengit untuk memperebutkan kursi mahasiswa baru melalui SBM PTN terjadi di tiga kampus ternama. Yakni di ITB, UI, dan UGM.

Untuk kelompok sains dan teknologi (saintek) paling tinggi nilai rerata calon mahasiswa yang masuk ada di ITB, UI, dan UGM. Sedangkan untuk kelompok sosial humaniora (soshum) posisinya UI, UGM, lalu ITB.

Secara resmi pengumuman bisa dilihat di website SBM PTN siang ini pukul 14.00. Websitenya adalah pengumuman.sbmptn.ac.id.

Ketua Umum Panitia Pusat SBM PTN Ravik Karsidi mengatakan untuk melihat pengumuman, cukup memasukkan nomor peserta ujian SBM PTN dan tanggal lahir.

Terkait dengan tingkat persaingan yang ketat di tiga kampus itu, dia  mengatakan wajar. Sebab, persaingannya ketat, maka mahasiswa yang lolos SBM PTN rata-rata nilainya tinggi-tinggi. ’’Apalagi tiga kampus ini mewakili Indonesia di 500 besar kampus terbaik dunia (versi QS 2017/2018, Red),’’ jelasnya di Jakarta kemarin (12/6).

Rektor UNS Solo itu menjelaskan pendaftar SBM PTN tahun ini memang meningkat dibandingkan tahun lalu. Peningkatan itu diantaranya disebabkan karena jumlah kampus yang ikut SBM PTN bertambah. Tahun lalu jumlah pendaftar SBM PTN tercatat ada 721.326 orang dari 78 unit PTN. Sementara tahun ini bertambah menjadi 797.738 orang pelamar dari 85 unit PTN.

Ravik mengatakan semula panitia SBM PTN mengalokasikan kuota mahasiswa baru sebanyak 128.085 kursi. Tapi, saat pengumuman kemarin jumlah yang lulus SBM PTN bertambah menjadi 146.066 orang. Di antara penyebab penambahannya adalah, ada luncuran kursi mahasiswa baru dari SNM PTN yang tidak terisi.

Dia juga mengatakan SBM PTN 2017 diikuti 226 pelamar dengan kondisi disabilitas. Hasilnya ada 38 pelamar disabilitas yang dinyatakan lulus SBM PTN. ’’Pelamar disabilitas yang lulus itu kategorinya tuna netra, tuna rungi, tuna wicara, dan tuna daksa,’’ papar dia.

Tinggalkan Balasan