Yakin Tahun Depan dapat Adipura

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat Abubakar optimis Bandung Barat bisa meraih penghargaan Adipura. Rencananya, penilaian Adipura akan dilaksanakan mulai pada 24-30 Oktober 2016, mendatang.

”Setelah dilakukan evaluasi secara menyeluruh, ternyata seluruh unsur menyatakan kesiapannya menghadapi penilaian Adipura minggu depan,” ujar Abubakar dalam rapat evaluasi menjelang penilaian Adipura di Aula Lantai II Gedung Utama Komplek Pusat Perkantoran Bandung Barat, kemarin (21/10).

Diakui olehnya, meski tidak mudah tapi pihaknya yakin dan optimis. Untuk mematangkan persiapan, Ia meminta seluruh unsur terkait Adipura untuk terus menjalin komunikasi. Begitu juga dengan koordinasi secara intens.

Mengenai penilaian Adipura, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Bandung Barat Apung Hadiat Purwoko menjelaskan, setidaknya ada sekitar 61 titik pantau berdasarkan ke wilayahan. Di mana tersebar di enam kecamatan, di antaranya Lembang, Cipatat, Parongpong, Cisarua, Padalarang dan Ngamprah.

”Dari hasil self assesment yang dilakukan oleh tim Adipura, nilai rata-rata keseluruhan titk pantau adalah 65,93 dan mengalami peningkatan sebesar 1,15 dari self assesment sebelumnya,” terangnya.

Tapi nilai tersebut masih kurang dari nilai minimum untuk penilaian P1 sebesar 71 point.  Permasalahan utama yang tengah dihadapi dan perlu diperbaiki adalah masalah sampah.

Di antaranya, mencakup penyediaan sarana Tempat Pembuangan Sampah (TPS), tempat sampah terpilah, pemilahan sampah, pengolahan sampah dan pemanfaatan sampah. ”Berbagai upaya perbaikan sebagian besar memang dinilai belum bisa mengangkat kriteria penilaian, sehingga tidak berdampak signifikan terhadap penilaian,” pungkasnya. (drx/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan