Wujudkan Bandung Sehat, Satpol PP Sikat Bangunan Liar

bandungekspres.co.id, SOREANG – Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Kabupaten Bandung gencar melakukan pembabadan bangunan liar. Menurut Kasubag Program  Kantor Satuan Polisi (Satpol) Kabupaten Bandung, Tatang Sofyan S.Sos., mereka tidak pandang bulu terhadap bangunan yang dinilainya kumuh dan tidak sehat.

Apalagi sebut saat ini Kabupaten Bandung tengah meweujudkan Kabupaten Bandung Sehat dengan adanya Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS). Lanjutnya, pihaknya sudah melakukan penertiban di beberapa lokasi penilaian, di antaranya penataan Pasar Sehat Cilokotot dan pengamanan pasar tumpah di Pameuntasan Margaasih.

Dan untuk saat ini, lanjut Tatang pihaknya tengah melakukan upaya penertiban PKL pada jalur-jalur yang akan dilalui Tim Penilai Provinsi Jabar. Seperti di Kecamatan Soreang, Cangkuang dan Banjaran, termasuk penataan pedagang di Jalan Raya Raya Al-Fath Soreang.

”Jauh sebelumnya, kami sudah melakukan sosialisasi, peringatan dan memberikan Surat Peringatan (SP) terhadap para pemilik bangunan liar dimana pun mereka berada yang dianggap telah melanggar tata tertib di jalanan,” kata Tatang Sofyan pada Soreang Ekspres, kemarin (25/11).

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bandung, Marlan S.Ip, M.Si., menjelaskan kegiatan kabupaten/kota sehat mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

Pada tahun 2016, kata Marlan Kabupaten Bandung akan mendapat pembinaan untuk mempersiapkan kabupaten mengikuti verifikasi Nasional pada tahun 2017. Saat ini, sebut dia, Pemkab Bandung baru bisa mengikuti 4 tatanan saja dari 9 kriteria tatanan yang ditentukan.

“Nanti di tahun 2018, kita akan menambah dua tatanan lagi, yakni di tatanan kehidupan sosial yang sehat dan kawasan tata tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi. Sehingga OPD yang terlibat dalam kegiatan ini pun otomatis akan bertambah. Saya berharap, persiapan OPD pun harus lebih maximal lagi dalam melakukan kegiatan pembangunan Kabupaten Sehatjelang 2018 nanti,” ucap Marlan.

Marlan mengungkapkan, pada 29 November mendatang Pemkab Bandung sudah mempersiapkan baik kelengkapan administrasi dan regulasi program-program kegiatan maupun lokasi sesuai tatanan yang dipilih. “Kita akan menghadirkan Tim Pembina dan FKBS di tempat masing-masing Sekretariat Kabupaten Sehat pada waktunya nanti. ” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan