Waspada Modus Pecah Kaca, Polisi Amankan 2 Pelaku

bandungekspres.co.id, PADALARANG – Aksi kejahatan di bulan Ramadan marak terjadi di Kabupaten Bandung Barat. Salah satunya pencurian barang di dalam mobil dengan modus memecahkan kaca mobil terlebih dahulu. Hal ini perlu kewaspadaan ekstra dari para pemilik kendaraan lantaran sekali waktu bisa menjadi korban berikutnya. Dalam aksinya, bukan hanya barang yang hilang tapi juga merusak kaca mobil yang dipecahkan pelaku.

Rita Hendrawati, salah seorang pemilik kendaraan harus kehilangan tas dan jendela mobil Suzuki Baleno bernopol D 1398 XC lantaran pecah setelah dilempar dengan batu oleh Adam Malik, 37, dan Afrika Ardiansyah, 29. Dua pelaku kejahatan spesialis pecah kaca jendela mobil mengambil tas selendang warna merah. Tindakan kejahatan itu terjadi 23 Mei lalu di Jalan Kaveleri Blok A RT 01/RW 19, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Polsek Padalarang Komisaris Suherman menjelaskan, modus memecahkan kaca yang dilakukan para pelaku memang perlu diwaspadai oleh para pemilik kendaraan mobil. Sebab, kata dia, para pelaku ini tidak segan-segan melakukan aksinya dengan merusak kaca mobil.

Dua pelaku kejahatan asal Palembang ini sudah mengincar mobil itu sejak Rita keluar dari sedan miliknya itu. Adam pria asal Jalan Sabar Jaya, Desa Parajen, Kecamatan Banyuasin, Kabupaten Banyuasin ini bertindak sebagai eksekutor. ’’Mereka berdua membagi tugas. Adam ini sebagai pelempar batunya, sedangkan Afri menunggu di atas sepeda motornya dengan mesin menyala. Pelemparan batu ini untuk mengecek mobil tersebut apakah memakai alarm atau tidak, jika alarm berbunyi mereka  akan mengurungkan niat tersebut,” kata Suherman, di Mapolsek Padalarang, kemarin.

Setelah kaca jendela sebelah kiri  pecah, dan alarm tidak berbunyi Adam segera mengambil tas merah yang disimpan di jok kiri depan. Sial baginya ketika hendak kabur dengan mengendarai sepeda motor kepergok warga. ’’Mereka ditangkap warga kemudian diserahkan ke Polsek Padalarang,” ujarnya.

Selain mengamankan tas merah berisi uang Rp 50 ribu juga sepeda motor yang digunakan pelaku, Yamaha Jupiter MX warna merah bernopol F 3137 XB. Ternyata hasil pengembangan penyidikan nomor polisi sepeda motor milik pelaku tidak sama dengan nomor yang tertera di STNK.

Tinggalkan Balasan