Wagub Kesal pada BBWS

bandungekspres.co.id – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku kecewa tergadap ketidakhadiran Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk menangani sampah yang menggenangi sungai Citarum. Menurutnya, rapat koordinasi multipihak ini seharusnya dihadiri oleh BBWS, sebab intansi ini memiliki kewenangan terhadap pengelolaan Sungai Citarum.

”Ini seharusnya BBWS hadir yah, kalau hadirkan bisa lebih konkrit lagi. Padahal sudah saya kirimkan surat bahwa kita akan melakukan koordinasi multipihak dan lintas daerah,” jelas Deddy ketika ditemui usai rapat dalam penanganan masalah sampah Sungai Citarum di Gedung Sate kemarin (23/3).

Rencana ini seharusnya bukan saja di tingkat provinsi, tetapi bagian kewenangan dan kewajiban antara provinsi, kabupaten/kota dan BBWS. Sehingga kerjasama ini akan terlihat dari struktural dan non struktural dan kultural.

Dalam rapat pembahasan tersebut disepakati untuk penanganan masalah sampah yang ada di atas sungai Citepus (anak Sungai Citarum) dan Sungai Cijagra. Rencananya, sampah di kawasan ini akan segera diambilandalam waktu tiga hari.

Dia menilai, masalah sampah dan banjir yang setiap tahun melanda Kabupaten Bandung sebetulnya bisa dikomunikasikan antar pihak terkait sehingga tidak ada saling menyalahkan satu sama lain.

Selain itu, untuk penanganan jangka panjang pihaknya akan terus melakukan koordinasi secara berkelanjutan. Tujuannya, agar apa yang menjadi komitmen bersama dalam rapat ini bisa diimplementasikan.

”Jadi kita perlu dituangkan dalam Rencangan Aksi Multipihak Impleementasi Pekerjaan (RAM-IP) sehingga program Sungai Citarum Bestari cepat terwujud,” ucap Dedi.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pemkot Bandung bersama Kabupaten Bandung rencananya akan segera bergerak untuk mengatasi sampah yang menggenangi sungai tersebut. Pihaknya akan mengerahkan alat dan pasukan tanpa melihat ego sektoral.

”Kita sudah komit untuk saling tolong menolong antar lintas daerah khususnya di wilayah perbatasan. Dan tadi saya sudah berkemunikasi dengan Bupati Kabupaten Bandung Pak Dadang Naser untuk membereskan masalah ini,” ucap Pria yang akrab disapa Emil ini.

Menurutnya, untuk mengatasi masalah yang menumpuk, pihaknya akan dibantu Kodim 0618/BS yang akan menerjunkan 600 personel pasukan di tambah Yon Zipur 3 untuk mengangkut sampah di wilayah Cijagra.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan