UPTD PU Sapras Wilayah Soreang Laksanakan Pemeliharaan Jalan

bandungekspres.co.id, PASIRJAMBU – Upaya mengurai tumpukan kendaraan dan perbaikan jalan alternatif menuju jalur wisata di wilayah Bandung selatan terus dilakukan. UPTD PU Sapras Wilayah I Soreang melaksanakan pemeliharaan rutin yang dilaksanakan di sepanjang jalan Pasirjambu-Gambung tembus ke jalan Palayang, Kecamatan Pangalengan.

Kepala UPTD PU Sapras Wilayah Soreang Dede Sutarsa mengatakan, untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, pihaknya fokus memelihara jalan agar tetap mulus. ”Kami sengaja melaksanakan pemeliharaan jalan Pasirjambu-Gambung yang mulai bolong-bolong. Kami tambal jalannya agar masyarakat nyaman saat melalui jalan ini,” terang Dede kepada Bandung Ekspres di lokasi pemeliharaan Kecamatan Pasirjambu kemarin (25/8).

Pemeliharaan Jalan
Pemeliharaan Jalan

Menurutnya, jalan tersebut merupakan akses alternatif yang menyambungkan antar Kecamatan Pasirjambu dengan Kecamatan Pangalengan. Sehinga kondisi jalan menjadi prioritas, dalam peningkatan dan pemeliharaannya.

”Kami lihat, dua wilayah kecamatan tersebut merupakan lokasi wisata yang berada di daerah Bandung selatan. Jadi, apabila kondisi jalan tersebut sudah maksimal, secara otomatis waktu tempuh akan cepat. Sehingga bagi pengunjung wisata akan banyak mempergunakan akses jalan,” tambahnya.

Selain untuk jalan alternatif bagi para pengunjung wisata, kata dia, juga bagi para petani yang akan mendistribusikan hasil pertanian. Sehingga kendaraan tidak akan menumpuk di kawasan Banjaran. Dede berharap, jalan tersebut menjadi prioritas dinas untuk program peningkatan jalan pada tahun 2017.

Karena melihat kondisi jalan, akses tersebut harus digunakan beton, karena jalan itu banyak dilalui kendaraan besar yang akan menuju alam wisata Argapuri di wilayah Gambung, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu. Sekitar 9 kilometer yang masuk ke wilayah Soreang dan 70 persen sudah bagus, cuman kondisi bagusnya baru sama lapisan hotmix. ”Semoga tahun depan bisa ditingkat menjadi rabat beton supaya tonasenya akan lebih kuat,” harapnya.

Hal yang sama disampaikan Suryana Taopik, salah satu tokoh masyarakat Mekarsari. Dia mengaku atas nama masyarakat mengapresiasi pemeliharaan yang yang dilakukan Dinas Binamarga melalui UPTD Sapras wilayah Soreang.

”Kami sangat apresiasi atas perbaikan jalan rutin ini. Karena  Kecamatan Pasirjambu memiliki banyak potensi yang perlu digali. Hal ini untuk mendorong pembangunan dalam membantu perekonomian warga sekitar. Salah satu potensi di bidang wisata, Kecamatan Pasirjambu ada beberapa lokasi khususnya di Desa Mekasari dan Argapuri. Di sana terdapat pembibitan dan penelitian kina serta banyak yang lainnya,” terang Opik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan