Tunjukan Preastasi Sepakbola Santri

bandungekspres.co.id, CIMAHI –Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) dan Kementerian Olahraga menggelar Liga Santri Nusantara 2016.

Ketua Pelaksana Liga Santri Nusantara (LSN) Regional Jabar II, Tarya Sutaryat menyebutkan, kegiatan Kompetisi Sepakbola antar santri ini mulai dilaksanakan diberbagai daerah, termasuk di Jawa Barat. Untuk Regioanl II Jabar, kompetisi digelar di Stadion Sangkuriang Cimahi yang diikuti oleh enam Kabupaten dan Kota, yaitu Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Purwakarta. ”LSN Regional Jabar II ini diikuti oleh 17 pesantren atau klub yang ada di regional II Jabar. Kami harapkan liga santri ini bisa sukses diselenggarakan selama 18 hari, sehingga nantinya akan lahir bibit atlet sepakbola dari kalangan santri yang bisa berprestasi di tingkat Jawa Barat atau nasional,” terangnya, usai pembukaan LSN 2016 Usia 18, di GOR Sangkuriang, Jalan Sangjuriang, Kota Cimahi, Minggu (21/8) kemarin.

Sedangkan Ketua Syutiah BC Nahdatlul Ulama Kota Cimahi, KH Alan Nur Ridwan menyatakan, santri sejak masa kemerdekaan dahulu hingga saat ini memiliki andil yang cukup penting dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, karenanya usaha untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui kegiata sepakbola menjadi penting, agar para santri bisa menunjukan kepada masyarakat tentang prestasinya.

”Sejak dulu santri memberikan andilnya bagi pembangunan bangsa ini. Dikalangan santri tak pernah terdengar adanya yang terlibat narkoba, geng motor apalagi terorisme, karenanya kegiatan positif seperti sepakbola ini harus terus dikembangkan agar santri bisa eksis di tengah masyarakat,” paparnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Cimahi Dikdik mengatakan, Liga Santri Nusantara merupakan kegiatan yang mendukung program pemerintah dalam peningkatan mutu sumber daya manusia di Jawa Barat. ”Harapan kami dengan LSN ini akan menjadi kawah candradimukanya para santri, sehingga akan lahir bibit atlet sepakbola yang berprestasi di Jawa Barat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen dalam menyongsong Pekan Olah raga Nasional yang akan diselengarakan di Jawa Barat,” pungkasnya. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan