Tumbuhkan Nilai Gotong Royong Melalui Lomba

16

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Kegiatan yang digelar masyarakat dalam memperingati Hari Proklamasi ke-71 diberbagai tempat, menjadi salah satu usaha dalam meningkatkan rasa gotong royong.

Anggota Komisi I DPRD Kota Cimahi, Sirti Yanthi Abitini meinilai, dengan berbaurnya berbagai kalangan di tengah masyarakat dalam memperingati hari bersejarah itu bisa dimaknai sebagi salah satu simbol dalam meningkatkan dan memelihara gotong royong yang selama ini dianggap sudah mulai luntur.

”Coba saja lihat di berbagai tempat banyak dilakukan kegiatan masyarakat yang melibatkan orang banyak, kegiatan seperti itu kan tidak mungkin bisa terlaksana jika tidak ada kebersamaan antara warga itu sendiri, ini secara tidak langsung akan membangkitakn rasa nasionalisme. Nilai gotong royong yang  sudah luntur ini tak akan terjadi jika dari mulai Ketua RT, RW serta lembaga yang ada bisa berbaur,” terangnya, kemarin.

Dikatakan dia, dirinya pernah terjun langsung di masyarakat sehingga memahami betul dengan kegiatan masyarakat. ”Contohnya seperti kegiatan gerak jalan dengan tujuan masyarakat untuk menjadi sehat, pada lomba tumpeng juga akan membangun kesadaran masyarakat bagaimana cara penataan giizinya, lomba balita misalnya bagaimana para kader, petugas Puskesmas mengajak masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan balita agar menjadi penerus bangsa dan generasi yang baik,” katanya.

Hakekatnya kata Yanti, pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif perlu dukungan dan partisipasi dari masyarakat agar apa yang diprogramkan bisa berjalan baik. Sebab, jika tidak ada respon dari masyarakat sebaik apapun program yang digulirkan tidak akan ada artinya. ”Respon dan partispasi masyarakat ini diperlukan agar saling mendukung antara keinginan masyarakat dan program dari pemerintah,” imbuhnya. (bun/asp)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.