Tottenham vs Man United, Lads, It’s United

bandungekspres.co.id, LONDON – Lawan Manchester United itu selalu complicated bagi Tottenham Hotspur. Terutama ketika United berada di bawah kekuasaan Sir Alex Ferguson dari tahun 1986 sampai 2003. Dari 40 kali bentrok di era Premier League, hanya empat kali Spurs dapat memenangi laga.

Artinya, hanya 10 persen peluang The Lilywhites – julukan Tottenham – menang atas United. Mantan kapten United Roy Kane dalam autobiografinya yang berjudul The Second Half mengungkapkan, Fergie hanya mengucap tiga kata di dressing room ketika melawan Spurs.

”Lads, It’s Tottenham,” begitu yang diucapkan Fergie. Atau apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya kira-kira ”Ini Tottenham, Kawan,”. Manjurnya tiga kata itu tetap bertahan setelah Fergie pensiun pada Mei 2013. Lima kali duel dalam tiga musim, Spurs hanya menang sekali!

Di White Hart Lane, London, malam nanti rekor sulit tersebut berpeluang terjadi. Kalau sudah begini, sepertinya sudah saatnya bagi Mauricio Pochettino mengucap tiga kata sakti seperti yang dikatakan Fergie itu. Hanya beda nama klubnya, menjadi ”Lads, It’s United,” atau ”Ini United, Kawan,”.

Karena tertahan atau bahkan kalah dari Setan Merah – julukan United – akan jadi pemberat langkah Spurs mengejar Leicester City di puncak klasemen sementara Premier League. Setelah pekan 32, tidak mustahil jika gap poinnya Spurs dan Leicester melebar dari tujuh poin menjadi 10 poin.

Itu artinya, Hugo Lloris dkk harus bersiap melemparkan handuknya dalam pacuan trofi Premier League 2015-2016. ”Karena itulah kami harus mengalahkan United supaya tetap bertahan dalam jalur perburuan gelar juara,” ucap striker Spurs, Harry Kane kepada London Evening Standard.

Tanpa berharap The Foxes – julukan Leicester – terpeleset dalam enam laga yang tersisa di Premier League, Kane menyebut Spurs fokus dengan jalannya sendiri. ”Sebab kami tahu Leicester bisa saja terus menang sampai akhir musim, tapi apapun bisa terjadi dalam pekan-pekan ke depan,” lanjutnya.

Leicester sudah bertandang ke Stadium of Light – homeground Sunderland – 150 menit sebelum laga Spurs-United. Itu berarti hasil di Sunderland bakal memacu pemain Spurs untuk mematahkan mitos susah menangnya melawan United di White Hart Lane yang sudah bertahan selama 15 tahun.

Tinggalkan Balasan